Notifications

Tips Aman Berkendara di Jalanan Asing

Berkendara saat menjalani liburan di negara asing dapat menambah pengalaman wisata Anda. Namun sebelum Anda memilih untuk berkendara, sebaiknya Anda mengetahui tips aman berkendara di jalanan asing agar liburan tetap aman dan menyenangkan.

Seperti halnya di Indonesia, setiap negara memiliki peraturan-peraturan lalu lintas yang dibuat untuk keamanan pengguna jalan. Karenanya, memahami aturan lalu lintas di negara tujuan wisata adalah hal yang patut dipelajari sebelum Anda berangkat berwisata.

Selain itu, apakah ada tips lain agar dapat aman berkendara di jalanan asing? Simak uraiannya berikut ini!

Tips Aman Berkendara di Jalanan Asing

Tips aman Berkendara di Jalanan Asing

Siapa sih yang tidak ingin bersenang-senang saat melakukan wisata? Terlebih saat jalan-jalan di negara asing, tentu Anda tidak ingin kehilangan momen tersebut hanya karena kelalaian yang tidak disiapkan sebelum keberangkatan.

Bagi yang berencana berkendara saat liburan ke luar negeri, sebaiknya membaca tips aman berkendara di jalanan asing berikut hingga tuntas.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas Setempat

Setiap negara memiliki kebijakan tersendiri untuk mengatur para pengguna jalan raya agar keamanan di jalan tetap terjaga.

Anda harus mengetahui peraturan-peraturan yang berlaku sehingga dapat menghindari pelanggaran lalu lintas yang mungkin bisa merugikan secara materi atau bahkan bisa mengancam keselamatan Anda.

Pahami Rambu-rambu Lalu Lintas

Perlu Anda ketahui jika rambu lalu lintas telah distandarisasi secara internasional melalui Konvensi Wina tahun 1968. Konvensi Wina ini merupakan perjanjian multilateral menetapkan rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan dan sistem keamanan jalan raya.

Namun tetap saja, karena kebutuhan tiap negara berbeda terdapat beberapa rambu yang dibuat sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan lokal tiap negara.

Beberapa rambu unik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rambu Menyebrangi Danau, meski mustahil namun saat musim dingin di Rusia kondisi Danau dapat membuka dan memungkinkan kendaraan melewatinya. Namun Anda harus hati-hati, pada saat musim tersebut Anda memiliki kesempatan melewati danau beku dengan syarat beban tidak melebihi 5 ton dengan kecepatan maksimal 10 km/jam.
  • Rambu Hewan, beberapa negara memiliki hewan yang dapat bebas berlalu lalang. Saat menemui rambu ini, lebih baik Anda berhati-hati dan mendahulukan hewan-hewan yang akan menyebrangi kawasan tersebut.
  • Waspada Orang Mabuk, Rambu ini benar-benar ada dan ditujukan agar para pengemudi kendaraan untuk mewaspadai kawasan yang rawan akan orang mabuk.

Memahami Rute Perjalanan yang Akan Ditempuh

Siapkan pengalaman berkendara di luar negeri yang aman dan menyenangkan dengan memahami rute perjalanan yang akan ditempuh.

Beruntung dengan kemajuan teknologi informasi saat ini yang memungkinkan Anda untuk melihat rute perjalanan secara online. Bahkan dengan menggunakan street view Anda bisa melihat kondisi jalanan yang akan Anda tempuh meskipun tidak bersifat real-time.

Namun setidaknya bantuan teknologi tersebut dapat membantu Anda memproyeksikan seperti apa rute perjalanan yang akan ditempuh.

Biasakan Menggunakan Setir Kiri

Sebagian besar negara di dunia menggunakan konfigurasi setir kiri. Hal tersebut sangat berbeda dengan kebiasaan Anda di Indonesia yang menggunakan konfigurasi setir kanan.

Untuk dapat mengemudi kiri, Anda harus membiasakan setir kiri agar nanti saat berkendara di luar negeri proses adaptasinya lebih mudah. Anda dapat memanfaatkan simulasi mobil setir kiri agar dapat membayangkan bagaimana saat menggunakan mobil konfigurasi setir kiri.

Atau akan lebih baik jika Anda memanfaatkan kesempatan berlatih menggunakan mobil setir kiri secara riil.

Pahami Musim dan Resiko Berkendara

Bagi Anda yang ingin berwisata ke luar negeri pertimbangan musim sangat penting, terlebih jika Anda berencana untuk berkemudi saat melakukan wisata.

Berwisata saat musim dingin tentunya akan menjadi pengalaman baru, namun Anda harus berhati-hati saat berkendara di musim ini. Kondisi jalan yang berbeda akan menuntut kelihaian Anda saat berkendara.

Selain itu dengan memahami kondisi cuaca yang dituju akan berpengaruh pada pemilihan jenis kendaraan yang Anda pilih. Konsultasikan dengan pihak penyewaan untuk mendapatkan jenis kendaraan aman dan nyaman sesuai musim.

Perhitungkan Konsumsi Bahan Bakar dengan Jarak Tempuh

Memperhitungkan bahan bakar sesuai jarak tempuh akan membuat berkendara di jalan asing terasa aman. Saat perjalanan panjang, Anda dapat merencanakan titik henti di stasiun pengisian bahan bakar agar kendaraan tidak mogok sehingga perjalanan wisata Anda berjalan sesuai rencana, aman, nyaman dan menyenangkan.

Selalu Membawa Surat Izin Mengemudi

Bawa selalu surat izin mengemudi jika suatu waktu diperlukan. Beberapa negara khususnya negara ASEAN hanya mewajibkan SIM terjemahan. Sementara beberapa negara lainnya menerapkan kewajiban SIM Internasional sebagai salah satu syarat berkendara.

Demikian tips aman berkendara di jalanan asing yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar