Notifications

Cara Menyewa Kendaraan Di Luar Negeri Saat Wisata

Cara menyewa kendaraan di luar negeri adalah hal pertama yang harus Anda cari tahu saat memutuskan untuk berkendara selama berwisata atau jika Anda berwisata secara kelompok.

Transportasi menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhitungkan saat Anda wisata di luar negeri. Anda dapat menggunakan transportasi umum yang menawarkan harga lebih murah atau menyewa kendaraan agar perjalanan Anda lebih fleksibel.

Dengan menyewa mobil, Anda dapat menentukan jenis mobil yang ingin digunakan selama berlibur sehingga Anda dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan wisata.

Nah bagi Anda yang sedang mencari tahu cara menyewa kendaraan di luar negeri saat wisata, berikut kami rangkum beberapa tips dan trik menyewa  mobil di luar negeri. Silahkan disimak!

Cara Menyewa Kendaraan Di Luar Negeri Saat Wisata

Cara Menyewa Kendaraan di Luar Negeri

Tentukan Jenis Kendaraan

Sebelum menyewa mobil, Anda harus menentukan jenis mobil yang akan digunakan selama berwisata di luar negeri. 

Pilihlah tipe kendaraan yang memiliki kapasitas sesuai rombongan perjalanan, sesuaikan dengan musim dan pilih kendaraan yang dapat membuat perjalanan Anda nyaman.

Bandingkan Jasa Penyedia Sewa Mobil

Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai jasa penyedia sewa mobil. Tak hanya harga, Anda dapat membandingkan fasilitas dan jenis asuransi untuk mengcover perjalanan wisata Anda saat berkendara di luar negeri.

Selain membandingkan secara manual, Anda dapat mengunjungi website atau aplikasi travel commerce yang akan memudahkan dalam mencari jasa rental mobil terpercaya.

Berikut beberapa website pembanding jasa sewa kendaraan internasional:

  • Auto Europe, merupakan salah satu grosir jasa kendaraan terbesar yang mencakup lebih dari 24 ribu lokasi di sekitar 180 negara.
  • Kayak Group, adalah travel commerce yang menyediakan informasi dan perbandingan jasa sewa kendaraan dari berbagai dunia.
  • Holidays Auto, merupakan website pembanding yang dapat memberikan Anda penawaran terbaik. Holidays Auto memiliki lebih dari 30 ribu member perusahaan jasa penyewaan mobil baik lokal maupun internasional.
  • Enterprise Car Rental, mengakomodir lebih dari 9500 lokasi penyewa kendaraan yang tersebar hampir di seluruh dunia, khususnya Amerika, Amerika Latin dan Eropa.

Sewa Kendaraan Online

Kemajuan teknologi informasi dapat memungkinkan Anda untuk membuat reservasi secara online. Sewa mobil saat akan liburan di luar negeri dapat Anda lakukan jauh hari sebelum tanggal liburan.

Pemesanan jauh hari sebelum libur akan menguntungkan Anda dengan mendapatkan best price pada waktu tersebut. 

Anda dapat melakukan pemesanan sewa melalui website atau aplikasi pembanding jasa sewa kendaraan. 

Baca Penawaran dengan Teliti

Setiap perusahaan jasa sewa kendaraan memiliki kebijakan masing-masing. Anda harus teliti dalam menelaah penawaran yang diberikan.

Baca dengan hati-hati rincian biaya yang ditawarkan, apakah sudah include pajak, asuransi, maksimal coverage asuransi atau denda keterlambatan dan lain-lain.

Pahami tentang Asuransi

Umumnya rental mobil menawarkan asuransi basic atau dasar yang sudah include ke dalam harga sewa yang ditawarkan.

Terdapat dua jenis asuransi yang ditawarkan yakni asuransi basic dan full insurance coverage.

Basic Insurance adalah asuransi dasar yang umumnya sudah tercover dengan harga sewa. Asuransi ini digunakan untuk mengcover biaya perbaikan jika terjadi insiden yang tidak diinginkan seperti mengalami kecelakaan.

Penting untuk diketahui bahwa terdapat 3 jenis asuransi dasar yaitu:

  • Collision Damage Waiver (CDW): Asuransi yang mengcover kerusakan mobil seperti tergores, kaca rusak atau mobil rusak karena kecelakaan.
  • Theft Waiver (TW): Asuransi yang menjamin kehilangan mobil
  • Third Party Liability Protection (TL): Asuransi untuk menjamin kerusakan pada kendaraan atau properti orang lain saat mengendarai mobil sewaan.

Anda harus memastikan bahwa ketiga jenis asuransi dasar tersebut masuk kedalam biaya sewa dasar. Anda dapat mencari tahu informasi asuransi ini di website atau aplikasi rental kendaraan.

Siapkan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang paling lumrah untuk sewa mobil di luar negeri. Selain sebagai alat pembayaran, kartu kredit umumnya digunakan sebagai jaminan. Oleh karena itu siapkan lebih dari satu kartu kredit yang memiliki limit memadai, karena dana untuk biaya jaminan rental kendaraan di luar negeri lumayan besar.

Demikian 6 cara menyewa kendaraan di luar negeri, jika berniat berkendara sendiri pastikan Anda sudah memiliki SIM terjemahan ataupun SIM internasional sebagai dokumen legalitas untuk Anda berkendara di negara asing.

Posting Komentar