Notifications

8 Tips Mendaki untuk Fotografer Agar Aman Tanpa Masalah

Tips mendaki untuk fotografer akan menjadi bekal penting bagi fotografer saat berburu keindahan gunung. Persiapan ekstra harus dilakukan seorang juru foto untuk mendapatkan jepretan gunung yang indah.

Kegagahan gunung yang misterius memang selalu menarik untuk diabadikan. Sehingga para fotografer pun rela untuk melakukan aktivitas ekstrim seperti mendaki demi mendapatkan landscape gunung yang eksotis.

Bagi Anda yang hendak melakukan eksplorasi gunung dan mengabadikannya dalam sebuah karya fotografi, 10 tips mendaki untuk fotografer ini wajib Anda simak.

8 Tips Mendaki untuk Fotografer Agar Aman Tanpa Masalah

8 Tips Jitu Mendaki untuk Fotografer

Cari Informasi Gunung yang Akan Didaki

Referensi internet maupun dari rekan sejawat yang sudah pernah melakukan pendakian akan menjadi sumber informasi yang penting bagi pendakian Anda.

Dengan mengetahui sebanyak-banyaknya informasi gunung yang akan didaki, Anda dapat memperhitungkan budget, jumlah logistik serta jenis pengamanan yang harus Anda lakukan untuk melindungi perlengkapan fotografi.

Anda pun dapat memperhitungkan waktu keberangkatan yang tepat agar foto yang Anda abadikan sesuai dengan bayangan Anda.

Siapkan Fisik

Mendaki gunung termasuk dalam aktivitas ekstrim yang membutuhkan latihan fisik yang mumpuni. Fisik Anda harus dilatih sedemikian rupa agar saat mendaki, tubuh dapat dengan mudah beradaptasi.

Saat mendaki Anda akan menumpukan beban di otot kaki dan punggung. Latihlah otot tersebut agar terbiasa untuk menahan beban. Terlebih beban bawaan fotografer akan lebih berat dibandingkan pendaki pada umumnya.

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan dengan durasi tertentu untuk melatih otot jantung dan paru-paru yang akan bekerja maksimal saat mendaki gunung 

Siapkan Mental

Tak hanya sekedar fisik, mental memiliki peran penting dalam menyelesaikan misi pendakian. Pilihlah rekan pendakian ataupun guide berpengalaman yang mampu memberikan semangat dan motivasi untuk menyelesaikan pendakian.

Selain itu, yakinkan diri bahwa Anda mampu menyelesaikan projek mendaki dan mengabadikan kegagahan dan keindahan gunung yang Anda daki.

Cari Guide Berpengalaman

Dibalik ciamiknya jepretan hasil fotografer ada guide berpengalaman yang berhasil mengarahkan sang fotografer menuju hidden spot yang tidak banyak orang tahu.

Gunakan guide berpengalaman terutama dalam memberikan guidance bagi para fotografer. Pada umumnya guide mengetahui spot foto, fenomena serta waktu pengambilan foto terbaik untuk menghasilkan karya fotografi yang indah.

Manfaatkan Porter

Kegiatan mendaki dan fotografi merupakan dua aktivitas yang berbeda. Melakukan fotografi gunung merupakan dua aktivitas yang dijalankan secara bersamaan. 

Seorang fotografer yang berburu foto di gunung tentu memiliki perlengkapan ekstra dibandingkan dengan pendaki pada umumnya.

Agar semua barang Anda dapat terangkut, Anda dapat memanfaatkan jasa porter. Jasa porter dapat meringankan beban bawaan sehingga Anda dapat menjaga stamina dan fokus untuk mendapatkan foto terbaik sepanjang trek pendakian.

Bawa Kamera dan Lensa Sesuai Kebutuhan

Seorang fotografer profesional tentu memiliki beragam kamera dan lensa untuk menangkap keindahan alam secara maksimal.

Anda dapat bertanya pada rekan Anda ataupun melakukan riset untuk memilah dan memilih jenis kamera dan lensa yang cocok untuk mengabadikan keindahan di gunung tujuan Anda.

Selain itu dengan membawa kamera sesuai kebutuhan, Anda dapat mengurangi beban bawaan Anda.

Bawalah Tripod

Meskipun tripod memiliki bobot dan ukuran yang lumayan, namun alat ini wajib dibawa. Tripod akan sangat membantu memotret kondisi kurang cahaya. Karena keindahan gunung tidak hanya tampak di siang hari saja. Namun gunung pun begitu memikat saat malam dan pagi hari.

Tripod pun dapat diandalkan untuk mengabadikan keindahan sunset dan sunrise dari atas ketinggian. Sehingga tripod menjadi peralatan yang wajib dibawa. Percayakan tripod Anda untuk dibawa oleh porter agar tenaga Anda dapat disimpan untuk mengabadikan momen-momen indah saat pendakian.

Beri Perlindungan Pada Peralatan Fotografi Anda

Medan pendakian berpotensi untuk menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen peralatan fotografi. Anda dapat memberikan bantalan untuk menghindari goresan dan goncangan.

Selain itu berikan pelindung baterai berupa sarung hangat untuk menghindari kerusakan pada baterai. Suhu yang terus turun seiring bertambahnya ketinggian berpotensi untuk membuat daya baterai menjadi turun. Karenanya Anda dapat memberikan sarung pelindung untuk melindunginya dari hawa dingin.

Landscape gunung yang indah menantang para fotografer untuk dapat mengabadikan keindahannya. 8 tips jitu mendaki untuk fotografer di atas wajib Anda coba agar dapat menangkap dan membagikan keindahan gunung yang tidak banyak orang tahu.

 

Posting Komentar