Notifications

Rincian Biaya dan Anggaran Mendaki Gunung Bromo

Bagi yang ingin menikmati indahnya matahari terbit dan kawah di gunung Bromo, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang rincian biaya dan anggaran mendaki Gunung Bromo.

Kaldera Tengger yang menjadi daya tarik gunung aktif di Jawa Timur ini telah menyedot perhatian wisatawan baik manca ataupun lokal. 

Selain itu, kurang afdol rasanya jika melewatkan pemandangan indah Bromo dari bibir kawah. Anda harus menaiki sekitar 250 anak tangga untuk dapat menyaksikan kawah raksasa dari gunung yang masih aktif ini.

Namun sebelum Anda menyaksikan salah satu kawah gunung berapi terbesar ini, mari kita simak rincian biaya dan anggaran mendaki Gunung Bromo.

Rincian Biaya dan Anggaran Mendaki Gunung Bromo

Estimasi Rincian Biaya dan Anggaran Wisata Gunung Bromo

Estimasi rincian biaya dan anggaran wisata menuju Gunung Bromo akan sangat variatif tergantung dari daerah mana Anda memulai perjalanan hingga fasilitas yang dipilih saat menuju Gunung Bromo.

Pada artikel kali ini, akan dibahas tentang estimasi rincian biaya dan anggaran wisata Gunung Bromo dari titik kumpul pemberangkatan Jeep.

Jeep merupakan moda transportasi andalan untuk dapat sampai ke titik terdekat Gunung Bromo yang memiliki medan cukup curam.

Berikut rincian biaya untuk dapat masuk ke kawasan wisata gunung Bromo.

Tiket Masuk Gunung Bromo

Sama seperti tempat wisata lainnya, untuk masuk ke kawasan wisata gunung Bromo Anda harus siapkan sejumlah uang untuk membeli tiket.

Tiket masuk Gunung Bromo dibagi dua kategori yakni untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Wisatawan lokal dikenakan biaya Rp 29,000,- untuk weekday, dan Rp 34,000,- untuk sesi weekend 

Sedangkan turis asing atau wisatawan asing dikenakan tarif Rp 220,000,- untuk weekday, dan Rp 320,000,- untuk sesi weekend.

Retribusi Kendaraan

Bagi Anda yang membawa kendaraan hingga Bromo, Anda akan dikenakan tarif retribusi sebesar Rp 10,000,- untuk kendaraan roda 4; Rp 5,000,- untuk kendaraan roda 2; serta Rp 2,000 untuk tarif retribusi sepeda.

Sewa Jeep

Jeep adalah kendaraan yang umum digunakan untuk mencapai kawasan Bromo. Medan yang ekstrim menuju Bromo ini akan lebih aman jika dilewati dengan menggunakan mobil Jeep atau Toyota hardtop.

Berikut daftar harga sewa Jeep menuju Bromo dari beberapa titik pemberangkatan (Pulang Pergi):

  • Bromo dari Sukapura – Probolinggo Rp 600.000
  • Bromo dari Wonokitri Pasuruan Rp 600.000
  • Ngadas – Tumpang Rp 650.000
  • Bromo dari Tumpang Rp 950.000
  • Bromo dari Malang Kota Rp 1.250.000

Harga yang tertera di atas merupakan harga rata-rata, karena masing-masing operator Jeep menentukan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan ada atau tidaknya pemberhentian tambahan untuk menikmati lokawisata di sekitar Gunung Bromo.

Sewa Kuda

Untuk menjangkau tangga menuju bibir kawah Gunung Bromo, Anda dapat memanfaatkan jasa sewa kuda.

Jasa sewa kuda sangat membantu mempersingkat perjalanan menuju tangga kawah yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Selain hemat waktu, Anda pun dapat menyimpan tenaga Anda untuk naik tangga menuju bibir kawah.

Adapun tarif sewa kuda ini berada di kisaran Rp 150,000,- hingga Rp 160,000,-.

Sebagai catatan Anda harus mengingat kuda dan pemandu yang Anda gunakan. Karena saat And menuruni tangga, ada kemungkinan Anda ditawari untuk naik kuda lain sehingga Anda harus membayar sewa dua kali. Tentunya sangat merugikan bukan?

Biaya Penginapan

Biaya penginapan termasuk dalam kategori biaya tidak tetap, tergantung dari kebutuhan Anda. Namun suasana Bromo di pagi menjelang siang akan menghadirkan pengalaman wisata gunung Bromo yang lebih indah.

Biasanya banyak wisatawan yang berburu matahari terbit untuk kemudian mendaki Gunung Bromo untuk melihat indahnya kawah vulkanik gunung aktif di Indonesia ini.

Karena populernya gunung Bromo, terdapat banyak alternatif penginapan di sekitaran gunung ini. Anda dapat memilih jenis penginapan yang sesuai dengan budget.

Beberapa homestay dan guest house yang lumayan nyaman dapat menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Harga rata-rata homestay atau guest house yang nyaman berada di kisaran angka Rp 350,000,-

Pengalaman mendaki Gunung Bromo merupakan salah satu pengalaman wisata yang banyak diminati oleh banyak orang. Jika Anda berniat berwisata ke Gunung Bromo, Anda dapat membaca artikel ini untuk menghitung estimasi rincian Biaya dan Anggaran Mendaki Gunung Bromo.

Posting Komentar