Notifications

6 Gunung Pendakian Terpopuler di Sumatera Barat

Tidak hanya memiliki khasanah kuliner yang populer, Sumatera Barat pun memiliki gunung pendakian terpopuler dan menyita perhatian kaum pecinta petualang.

Apalagi kini sang primadona, Gunung Marapi di Sumatera Barat telah kembali dibuka untuk pendakian setelah sebelumnya ditutup karena erupsi.

Bagi Anda yang memiliki hasrat untuk menaklukkan gunung di daerah Sumatera Barat, 6 gunung pendakian terpopuler ini wajib Anda jajal.

6 Gunung Pendakian Terpopuler di Sumatera Barat

Mendaki di Sumatera Barat, Cobalah Gunung Pendakian Terpopuler ini!

Sumatera Barat adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta hiking maupun pecinta alam. Provinsi yang terkenal dengan makanan khasnya rendang, memiliki sejumlah gunung yang tidak hanya cantik namun juga menantang untuk didaki.

Terdapat 6 rekomendasi gunung pendakian terpopuler di Sumatera Barat yang wajib dijelajahi para pecinta hiking.

Berikut daftar gunung tersebut:

Gunung Marapi

Salah satu gunung teraktif di Sumatera Barat ini sempat mengalami erupsi pada Januari 2023. Namun kini, Gunung Marapi sudah bisa diakses kembali oleh para pendaki maupun pecinta alam.

Marapi menjadi salah satu objek wisata favorit para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Keindahan kawah pada puncak gunung Marapi menjadi daya tarik dari Gunung aktif di Sumatera Barat ini.

Puncak gunung dengan ketinggian 2,891 mdpl ini memiliki kawah dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari ketinggian Marapi, Anda dapat melihat indahnya tanah perkampungan Minang.

Gunung Singgalang

Tepat berada di sebelah Marapi, Gunung Singgalang tidak kalah populer di kalangan pendaki.

Puncak Gunung Singgalang yang berada pada ketinggian 2,887 mdpl menyajikan keindahan telaga yang merupakan bekas kawah gunung vulkanik non aktif ini.

Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk dapat mencapai puncak Gunung Singgalang. Saat berada di puncak Anda dapat menikmati indahnya Telaga Dewi dari ketinggian. Selain itu, Anda pun dapat menikmati keindahan kota Bukittinggi dan Padang Panjang serta kawasan cadas yang populer dari puncak Gunung Singgalang.

Gunung Kerinci

Siapa yang tidak kenal dengan gunung tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara ini. Dengan tinggi 3,805 mdpl menjadikan Kerinci sebagai salah satu dari Seven Summits Indonesia sekaligus World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

Dari puncak Kerinci yang disebut Puncak Indrapura, Anda dapat melihat 3 provinsi yaitu Jambi, Sumatera Barat, dan Bengkulu dalam satu waktu. Tak heran, jika gunung ini mendapat julukan atapnya Pulau Sumatera.

Gunung Talamau

Talamau adalah gunung tertinggi kedua setelah Kerinci. Gunung yang memiliki nama lain gunung Ophir ini memiliki ketinggian 2,913 mdpl. Dari ketinggian tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dan syahdu.

Selain itu, 13 telaga yang terletak di Gunung Talamau menjadi daya tarik tersendiri bagi gunung ini. Untuk mendaki gunung Talamau, Anda dapat menggunakan 2 alternatif rute pendakian yakni melalui kota Rao dan Padang.

Meski medannya terhitung berat, namun Gunung Talamau tetap menjadi favorit pecinta alam karena ketersediaan air sepanjang jalur pendakian.

Gunung Talang

Meski tidak setinggi gunung-gunung yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Talang tetap menyimpan keindahan yang menarik untuk dinikmati.

Anda akan merasakan sensasi keindahan negeri di atas awan saat mendaki Gunung Talang. Tak hanya itu, pemandangan indah berupa hamparan kebun teh dan danau akan menyambut Anda saat mengunjungi gunung yang berada di kabupaten Solok ini.

Walau terbilang tidak tinggi namun jalur pendakian ini cukup menantang. Jika Anda ingin mengunjungi Gunung Talang maka lebih baik gunakan jasa guide warga setempat agar tidak tersesat.

Gunung Tandikek

Selanjutnya Anda bisa mencoba mendaki gunung Tandikek yang berada di Padangpanjang. Gunung yang termasuk kategori stratovolcano ini memiliki vegetasi hutan alami yang lumayan lebat.

Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari gunung yang juga dikenal sebagai salah satu dari puncak tri arga atau penyangga langit Minangkabau.

Medan Gunung Tandikek pun tidak seberat trekking gunung lainnya bahkan tergolong ringan. Butuh waktu sekitar 7-9 jam pendakian untuk mencapai puncak Gunung Tandikek yang berada di ketinggian 2,438 mdpl.

Demikian informasi mengenai 6 gunung pendakian terpopuler di Sumatera Barat. Kira-kira gunung yang mana yang menarik untuk dijelajahi?

Posting Komentar