Notifications

Macam-macam Alat Mendaki Dan Fungsinya, Lebih dari 15 Macam

Tak hanya persiapan fisik dan mental, seorang pendaki harus tahu tentang macam-macam alat mendaki dan fungsinya guna menunjang kelancaran pendakian.

Oleh karenanya, artikel ini akan membahas macam-macam alat mendaki dan fungsinya.  Silahkan disimak hingga tuntas!

Macam-macam Alat Mendaki Dan Fungsinya, Lebih dari 15 Macam

Daftar Alat Mendaki dan Fungsinya

1. Carrier

Alat pertama yang wajih disiapkan menjelang pendakian adalah carrier. Carrier atau tas gunung khusus adalah tas yang akan menampung perbekalan dan perlengkapan penunjang lainnya.

Berbeda dengan tas pada umumnya,  carrier didesain dengan kokoh, tahan air dengan kapasitas besar untuk mendukung kenyamanan dan fungsionalitas saat melakukan pendakian.

2. Tenda

Bagi pendaki yang merencanakan untuk menginap, maka tenda menjadi alat mendaki yang wajib untuk dibawa.

Tenda merupakan tempat tinggal sementata yang umumnya digunakan untuk beristirahat pada malam hari.

Oleh karena itu Anda harus memilih jenis tenda kokoh yang dapat melindungi Anda dari cuaca ataupun hewan liar yang berada di sekitar tempat peristirahatan.

3. Flysheet

Selanjutnya ada flysheet atau kadang disebut sebagai rainfly. Flysheet adalah lapisan tambahan yang terbuat dari bahan waterproof. 

Flysheet berfungsi untuk meredam hujan yang deras atau badai hingga angin kencang. 

4. Sepatu Gunung

Saat mendaki Anda akan dihadapkan dengan aneka ragam medan, jika salah menggunakan sepatu maka resiko keselamatan adalah taruhannya.

Karenanya Anda wajib mengenakan sepatu gunung. Sepatu gunung adalah sepatu yang sudah didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pendakian.

Sepatu gunung berfungsi untuk mendukung dan memberikan keamanan pada kaki saat melewati berbagai trekking.

5. Gaiters

Mendaki adalah kegiatan yang mengandalkan kekuatan kaki. Untuk melindungi kaki, para pendaki biasanya menggunakan gaiters.

Gaiters sendiri berfungsi untuk melindungi sepatu agar tidak dimasuki oleh kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.

Selain itu saat musim hujan, gaiters dapat melindungi sepatu dari lumpur dan menjaga sepatu agar tetap kering.

6. Trekking Pole

Trekking pole atau tongkat trekking merupakan tingkat yang digunakan untuk menjaga kestabilan tubuh saat mendaki.

Tongkat pendakian akan sangat membantu Anda saat melewati medan pendakian yang ekstrim. Kemampuan trekking pole untuk mendistribusikan beban akan membuat langkah Anda lebih ringan. 

7. Sleeping bag

Sleeping bag adalah kantung tidur dengan bahan yang dapat memerangkap panas sehingga Anda terhindar dari cuaca dingin di alam luar. 

8. Hammock

Hammock adalah ayunan yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur gantung.

9. Survival Kit

Untuk bertahan dalam kondisi darurat Anda memerlukan beberapa peralatan dasar yang disebut survival kit. Peralatan membuat api, penyulingan air, navigasi hingga pisan adalah beberapa jenis peralatan yang dapat dikelompokan sebagai survival kit.

10. Nesting

Nesting adalah satu set peralatan outdoor yang digunakan untuk mengolah makanan atau memasak. 

Memasak menjadi bagian dari mendaki agar kebutuhan kalori terpenuhi dengan optimal.

11. Kompas

Kompas adalah alat navigasi yang menunjukan arah. Cek kompas secara berkala agar Anda tidak tersesat. Jika Anda sudah kehilangan arah, gunakan patokan arah mata angin pada kompas untuk kembali pada jalur pendakian.

12. Tali Karmantel

Tali Karmantel merupakan tali yang didesain khusus untuk kegiatan outdoor termasuk pendakian. Struktur Tali karmantel yang kuat, cocok digunakan untuk pegangan saat melewati tebing ataupun untuk evakuasi.

13. Webbing

Webbing merupakan tali pegangan atau dikenal juga dengan sebutan hernes. Tali ini berfungsi untuk membantu pendaki saat melintasi jalur atau lintasan yang menantang.

14. Jas hujan

Meskipun sedang tidak memasuki musim penghujan, Jas hujan adalah alat mendaki yang wajib dibawa. Selain melindungi dari hujan, Anda dapat memfungsikan jas hujan sebagai bivak atau tenda darurat bahkan menggunakannya untuk alas duduk sementara.

15. Head Lamp

Senter atau headlamp merupakan salah satu peralatan penting saat melakukan aktivitas outdoors, termasuk hiking atau mendaki gunung.

Headlamp adalah lampu senter yang dapat Anda letakan di kepala Anda sehingga dapat membantu penerangan saat cuaca berkabut atau jika malam telah turun.

Dengan menggunakan headlamp, tangan Anda tetap bebas dan dapat memegang tracking pole agar badan tetap seimbang di kegelapan.

Demikian 15 Daftar alat mendaki beserta fungsinya yang wajib kamu tahu. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan maupun logistik secara matang sebelum mendaki.

Posting Komentar