Notifications

3 Cara Jitu Menyusun Anggaran Perjalanan yang Efisien

Apakah Anda merencanakan perjalanan dan sedang mencari cara menyusun anggaran yang efisien

Artikel ini akan membahas cara menyusun anggaran perjalanan yang efisien, sehingga liburan Anda tepat guna dan tidak menguras terlalu banyak biaya.

Perjalanan liburan sendiri merupakan salah satu bentuk penghargaan diri untuk dapat merasakan pengalaman dengan berkunjung ke tempat yang belum pernah Anda singgahi.

Meski identik dengan bersenang-senang, Anda tidak harus selalu menganggarkan budget yang spektakuler. Anda dapat menganggarkan dana liburan sesuai kemampuan dengan cara membuat anggaran perjalanan.

3 Cara Jitu Menyusun Anggaran Perjalanan yang Efisien

Kenapa Harus Menyusun Anggaran Perjalanan?

Perjalanan wisata tak hanya membuat riang gembira, namun juga menelan banyak biaya. Oleh karena itu, tetapkanlah anggaran agar biaya tidak terbuang sia-sia.

Selain itu, setidaknya 3 alasan berikut ini dapat memotivasi Anda menetapkan anggaran perjalanan:

Menghindari Over Budget

Pengeluaran selama berwisata akan lebih terencana dan terkendali dengan baik karena Anda menetapkan anggaran perjalanan serta budget maksimal untuk perjalanan wisata. 

Liburan Lebih Tenang

Untuk menghitung anggaran yang tepat, Anda pun dapat membuat itinerary sehingga sudah memiliki tujuan yang jelas beserta kisaran pengeluaran untuk setiap kegiatan yang dilakukan.

Selain itu, perjalanan liburan Anda akan lebih tenang jika mematuhi anggaran perjalanan liburan.

Mendapatkan Harga Terbaik

Saat menentukan anggaran perjalanan, Anda berkesempatan untuk membandingkan harga dan menekan biaya seminim mungkin. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda berpeluang untuk mendapatkan harga terbaik terutama untuk akomodasi dan transportasi.

Cara Menyusun Anggaran Perjalanan yang Efisien

Siapa yang tidak mau mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan? Agar terpatri memori liburan yang menyenangkan, Anda dapat menyusun anggaran perjalanan yang efisien.

Bagaimana caranya? Berikut ulasan cara menyusun anggaran perjalanan yang efisien:

Tetapkan Anggaran Maksimum

Alih-alih menentukan tujuan wisata, langkah pertama yang harus Anda lakukan justru adalah membuat anggaran maksimum.

Dengan menentukan harga maksimum, tentu hasrat Anda untuk mendapatkan harga terbaik melalui promo atau penawaran khusus semakin meningkat.

Angka anggaran maksimum untuk melakukan perjalanan wisata dapat Anda hitung berdasarkan pendapatan bulanan atau akumulasi pendapatan tahunan.

Anda dapat menganggarkan khusus budget liburan dari total pendapatan tersebut sebagai budget maksimum. Tentunya dengan strategi ini, rencana perjalanan Anda tidak akan mengganggu anggaran kebutuhan lainnya termasuk uang tabungan Anda.

Tentukan Tujuan Liburan

Fokus untuk menetapkan destinasi wisata yang sesuai dengan pengalaman liburan yang ingin diperoleh. Rangkum tujuan wisata yang menawarkan pengalaman yang sama, kemudian bandingkan dengan melihat review dari para traveller.

Buat Rincian Biaya

Buatlah daftar perincian biaya yang disesuaikan dengan budget yang telah ditetapkan sebelumnya. Berikut beberapa biaya yang harus Anda siapkan:

  • Hitung Biaya Sewa Penginapan

Anda dapat menghitung biaya sewa penginapan dengan memilih tempat penginapan yang strategis yang dapat menjangkau destinasi wisata yang akan Anda kunjungi.

Jika memungkinkan pilihlah penginapan yang menyediakan sarapan gratis untuk meghemat biaya konsumsi.

  • Hitung Biaya Konsumsi

Masukan biaya konsumsi dalam rincian biaya. Biaya konsumsi meliputi pengeluaran saat makan pada jadwal reguler atau biaya yang dikeluarkan untuk melakukan wisata kuliner di tempat wisata yang menjadi tujuan Anda..

  • Tetapkan Anggaran Transportasi

Pertimbangkan pilihan moda transportasi, jika Anda melakukan solo traveling, pilihan transportasi umum merupakan opsi yang lebih hemat. 

Namun jika Anda melakukan wisata secara berkelompok pilihan sewa kendaraan dapat menjadi opsi terbaik.

  • Tentukan Tempat Wisata untuk Menghitung Biaya Tiket

Buat itinerary dan tentukan tempat-tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Dengan menentukan tempat wisata Anda dapat menghitung biaya tiket masuk ataupun tiket terusan jika ada.

Selain itu menentukan tempat wisata akan sangat membantu untuk memperhitungkan estimasi biaya transportasi.

  • Siapkan Anggaran untuk Jajan atau Uang Saku

Berbeda dengan biaya konsumsi, uang jajan atau uang saku adalah anggaran untuk membeli jajanan saat mengunjungi tempat-tempat wisata.

Atau Anda dapat membeli cemilan di toko yang berada di luar kawasan wisata jika memungkinkan.

  • Siapkan Anggaran Oleh-oleh

Tidak kalah penting, siapkan biaya khusus untuk membeli buah tangan bagi orang-orang terdekat Anda. Meskipun tidak bersifat wajib, namun alangkah baiknya Anda menganggarkan biaya oleh-oleh karena umumnya biaya untuk membeli buah tangan khas tidaklah sedikit.

Demikian 3 cara menyusun anggaran perjalanan yang efisien. Apakah Anda tertarik untuk mempraktekannya?

Posting Komentar