Notifications

10 Tips Mengatasi Masalah Kesehatan saat Berlibur

Berlibur merupakan momen yang menyenangkan, terlebih saat Anda berada dalam kondisi fit. Namun ada kalanya timbul masalah kesehatan karena prosesnya adaptasi tubuh dengan situasi baru atau karena hal lainnya.

Masalah kesehatan saat berlibur tentu sangat mengganggu dan dapat merusak jadwal yang telah Anda rancang sedemikian rupa. Meski demikian, kesehatan Anda tetaplah hal yang utama.

Selain langkah antisipasi, berikut tips mengatasi masalah kesehatan saat berlibur!

10 Tips Mengatasi Masalah Kesehatan saat Berlibur

Tips Tepat Mengatasi Masalah Kesehatan Saat Berlibur

Ungkapan tanggal apes tidak tercantum dalam kalender sangat tepat untuk menggambarkan bahwa sakit bisa datang tiba-tiba, bahkan saat sedang berlibur.

Tak perlu panik, tenang dan lakukan tips di bawah ini agar keadaan semakin membaik dan Anda dapat kembali menikmati momen liburan sesuai dengan perencanaan.

Berikut 9 tips mengatasi masalah kesehatan saat berlibur:

1, Lakukan Pertolongan Pertama

Saat kondisi tubuh dirasa sudah tidak bisa diajak kompromi, Anda dapat melakukan pertolongan pertama seperti mengkonsumsi parasetamol jika mengalami demam, minum obat maag saat asam lambung naik atau mengkonsumsi obat-obatan pribadi.

2. Jaga Pola dan Asupan Makanan

Masalah kesehatan saat berlibur umumnya terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Kegiatan l memberi supaya Anda kembali mengatur pola makan dan memperhatikan asupan gizi.

Konsumsi makanan bergizi, higienis dan mengandung protein tinggi untuk mempercepat proses pemulihan.

3. Konsumsi Suplemen

Tubuh yang sedang sakit membutuhkan asupan vitamin yang lebih tinggi untuk mempercepat proses pemulihan. Kadar vitamin yang tinggi dapat Anda peroleh dengan cara mengkonsumsi suplemen.

Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin A, B, C, D atau zinc yang dapat mempercepat proses pemulihan sehingga Anda dapat kembali bersenang-senang dan menikmati liburan.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum secukupnya atau mengkonsumsi makanan yang dapat memberikan asupan cairan. 

Anda pun dapat mengkonsumsi minuman isotonik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan ion-ion tubuh.

5. Cukup Istirahat

Gejala sakit yang timbul adalah bentuk peringatan dari tubuh yang membutuhkan istirahat. Tanggapilah peringatan tersebut dengan beristirahat yang cukup.

Istirahat membantu meningkatkan imunitas dan proses penyembuhan dari sakit. 

6. Batasi Aktivitas

Alihkan beberapa agenda liburan untuk fokus dalam pemulihan. Tetap memaksakan agenda wisata akan membuat masa penyembuhan semakin lama, alhasil pengalaman wisata menjadi kurang menyenangkan.

7. Pergi Ke Pusat Kesehatan Terdekat

Saat Anda merasa kondisi badan semakin memburuk segeralah menghubungi pusat kesehatan terdekat.

Jangan lupa untuk siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan administrasi.

8. Konsultasi Online dengan Dokterq

Anda dapat memanfaatkan aplikasi online untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter.

Saat konsultasi dengan dokter secara daring pastikan koneksi dalam keadaan stabil agar komunikasi Anda berjalan dengan lancar.

9. Kabari Orang Terdekat Anda

Saat melakukan solo traveling, ada baiknya jika memberikan kabar terkini tentang kondisi Anda. Terlebih jika Anda mengalami kondisi kesehatan yang sangat darurat.

10. Hindari Stres dan Fokus pada Pemulihan

Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan terkait pekerjaan Anda untuk sementara waktu. Bukan tidak mungkin, beberapa informasi tentang pekerjaan dapat membuat Anda tidak tenang sehingga menimbulkan rasa stres.

Tips Mencegah Sakit saat Berlibur

Meski sakit dapat datang dengan tiba-tiba, namun Anda dapat menjalankan upaya pencegahan agar perjalanan wisata berjalan lancar sesuai rencana. 

Berikut tips yang dapat dilakukan agar untuk mencegah sakit:

Menjaga Kebersihan Diri

Jagalah kebersihan diri saat berada di kawasan publik. Ingat untuk selalu menjaga tangan tetap bersih, karena tangan merupakan media yang ideal untuk transfer kuman dan bakteri.

Bekal hand sanitizer ataupun tisu antiseptik untuk menjaga kebersihan tangan, akan lebih baik lagi jika Anda rutin mencuci tangan pada air mengalir.

Gunakan Masker

Meski pandemi sudah berakhir, namun belakangan sebagian orang lebih rentan terkena flu dan batuk. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan masker guna menghindari virus flu yang mudah sekali menular.

Selektif dalam Mengkonsumsi Makanan dan Minuman

Pilih makanan yang bersih dan ramah bagi kesehatan lambung agar Anda tetap sehat sehingga agenda wisata Anda tetap on schedule.

Tidur Cukup

Jangan sia-siakan waktu tidur di tengah aktivitas berlibur yang padat. Berikan hak tubuh Anda untuk tidur dan melakukan regenerasi sel.

Tidur yang cukup mampu meningkatkan imunitas yang akan membuat tubuh lebih tangguh.

Bagaimana apakah 10 tips mengatasi masalah saat berlibur di atas cukup bermanfaat? Jangan lupa untuk jaga kesehatan agar dapat menikmati suasana liburan yang menyenangkan.

Posting Komentar