Notifications

9 Tips Hemat untuk Liburan Keluarga Agar Tidak Boros

Tips hemat untuk liburan keluarga wajib diketahui agar budget liburan tidak membengkak. Liburan bersama keluarga adalah salah satu cara untuk meningkatkan bonding antar anggota keluarga. 

Momen kebersamaan dengan keluarga akan menjadi memori terindah dan dapat dipandang sebagai salah satu investasi yang tak ternilai harganya di masa mendatang.

Dengan menerapkan tips hemat untuk liburan keluarga, Anda tidak perlu was-was lagi masalah biaya. Anda pun dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga dengan suasana berbeda.

9 Tips Hemat untuk Liburan Keluarga Agar Tidak Boros

Intip 9 Tips Hemat untuk Liburan Keluarga

Meski menelan biaya yang lumayan signifikan, liburan bersama keluarga menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk kedekatan dan membentuk kenangan yang tidak terlupakan.

Agar liburan keluarga tidak terlalu menguras banyak biaya, Anda dapat melakukan 9 tips hemat liburan bersama keluarga berikut ini:

Tentukan Budget Liburan

Sebelum menentukan tempat wisata tujuan, sebaiknya Anda melakukan setting budget maksimal terlebih dahulu. Pembuatan budget maksimal akan membantu Anda untuk lebih selektif dalam membuat perencanaan liburan dari mulai memilih sarana transportasi, akomodasi dan lainnya.

Dengan pembatasan budget, dapat dipastikan Anda akan mencari harga yang kompetitif tanpa mengesampingkan benefit dan kenyamanan selama liburan.

Pilih Destinasi Wisata yang Sesuai dengan Budget

Anda dapat membuat list destinasi wisata impian yang sesuai dengan pengalaman yang ingin diperoleh. Kemudian Anda harus memilih Destinasi wisata yang paling sesuai dengan budget yang telah disiapkan.

Selain itu pertimbangkanlah destinasi wisata yang ramah anak, jika Anda akan mengajak Anak Anda untuk melakukan liburan keluarga.

Pilih Transportasi dan Akomodasi yang Terjangkau

Biaya transportasi dan akomodasi menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan. Oleh karena itu, Anda harus cerdik dalam memilih moda transportasi dan akomodasi dengan harga ekonomis.

Manfaatkanlah promo untuk menekan biaya transportasi dan akomodasi.

Meski Anda mencari biaya transportasi dengan tarif miring, namun bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan dan terutama keamanan. Tetap utamakan keamanan dan kenyamanan saat menentukan transportasi dan akomodasi untuk berlibur.

Lakukan Pemesanan Jauh-jauh Hari

Dengan berkembangnya banyak platform digital untuk berwisata, membuat Anda dapat merencanakan dan melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari.

Memesan jauh di depan sebelum hari H memberikan Anda banyak alternatif pilihan moda transportasi serta akomodasi. Anda pun dapat melakukan pemesanan saat promo khusus seperti promo tanggal kembar yang selalu menggiurkan.

Berlibur Saat Off Season

Jika memungkinkan, pilihlah waktu berlibur saat off season. Selain tidak terlalu ramai, umumnya harga-harga saat off season cenderung lebih murah.

Selain hemat didapat, nuansa liburan dan kebersamaan akan lebih terasa karena demand wisata pada saat off season tidak terlalu banyak.

Manfaatkan Promo Pembayaran

Saat ini, hampir semua metode pembayaran selalu menawarkan benefit yang menggiurkan. Manfaatkan promo pembayaran yang akan membuat liburan Anda bersama keluarga makin hemat.

Dengan menggunakan pembayaran elektronik, Anda pun dapat melakukan tracking pengeluaran selama berwisata sehingga memudahkan untuk pencatatan pengeluaran.

Temukan Wisata Lokal Gratis

Carilah rekomendasi tempat wisata lokal yang gratis yang ada di sekitar kota tujuan tempat wisata Anda. Perhitungkan biaya transportasi dan juga lihat review masing-masing tempat sebagai bahan pertimbangan apakah layak dikunjungi atau tidak.

Hindari Belanja Impulsif

Hindari mindset bahwa liburan identik dengan foya-foya yang akan membuat Anda melakukan belanja impulsif. 

Umuknya momen belanja impulsif terjadi saat berbelanja oleh-oleh. Jika tidak dikendalikan maka dana yang Anda miliki hanya akan habis untuk membuat pernak-pernik yang sebetulnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Oleh karena itu, belanjalah sesuai kebutuhan dan sesuai dengan anggaran perencanaan keuangan selama liburan.

Patuhi Budget dan Perencanaan Keuangan saat Liburan

Agar liburan keluarga tetap hemat dan tidak membuat stres karena pengeluaran membengkak, Anda wajib berkomitmen dan mematuhi perencanaan keuangan yang telah Anda susun.

Dengan mematuhi perencanaan tersebut, Anda dapat lebih menikmati suasana kebersamaan liburan bersama keluarga tanpa dikhawatirkan masalah biaya.

Momen liburan bersama keluarga akan menjadi sebuah kenangan yang tidak tergantikan. Meski menelan banyak biaya, namun rasanya momen liburan bersama keluarga sayang untuk dilewatkan.

Karenanya untuk menekan biaya Anda dapat menerapkan 9 tips hemat untuk liburan keluarga yang telah disebutkan di atas. Bagaimana, berani mencoba?

Posting Komentar