Notifications

8 Cara Menikmati Liburan dengan Anak Kecil

Orangtua mana sih yang tidak ingin mengabadikan momen masa kecil buah hati dengan berlibur? Namun terkadang untuk menikmati liburan dengan anak kecil terbilang susah-susah gampang.

Bukannya bersenang-senang, namun Anda malah repot dengan rutinitas si kecil dan keterbatasan untuk melakukan aktivitas wisata. 

Namun hal tersebut dapat diatasi jika Anda menerapkan 5 cara menikmati liburan dengan anak kecil berikut ini.

8 Cara Menikmati Liburan dengan Anak Kecil

8 Cara Menikmati Liburan dengan Anak Kecil

Momen liburan bersama anak akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan dan menjadi memori spesial baik bagi Anda dan buah hati.

Meski akan sedikit merepotkan, setidaknya beberapa tips di bawah ini akan membuat Anda menikmati momen liburan dengan anak Anda.

Pilih Penginapan yang Nyaman

Penginapan akan menjadi rumah utama Anda saat sedang berlibur. Anda akan menghabiskan waktu untuk beristirahat di penginapan. Oleh karena itu, pilihlah penginapan yang nyaman untuk Anda dan juga si kecil.

Dengan memilih penginapan yang nyaman akan membuat si kecil mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan membuatnya tidak mudah rewel. 

Pertimbangkan Penginapan yang Menyediakan Perlengkapan Memasak

Saat berlibur anak cenderung lebih mudah sakit karena harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, aktivitas liburan tentunya akan lebih padat dibandingkan hari-hari biasa.

Karenanya, orang tua memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan buah hati dengan memberikan asupan padat gizi untuk menjaga imunitas anak-anak.

Agar asupan makanan terjamin gizi dan kebersihannya, Anda dapat mempertimbangkan penginapan yang menyediakan tempat masak sekaligus perlengkapannya.

Hindari Jadwal Liburan saat High Season

Selain lebih mahal, tempat wisata akan cukup padat saat Anda liburan pada high season. 

Suasana yang ramai akan membuat Anda kesulitan dalam menjaga jarak dengan pengunjung lain yang beresiko terhadap kesehatan anak.

Seperti diketahui, anak adalah salah satu kelompok yang rentan dalam penyebaran rantai penyakit karena umumnya anak kecil lebih aktif dan belum terlalu menyadari untuk menjaga kebersihan diri.

Saat akan berlibur pada low season, Anda pun harus mempertimbangkan jadwal sekolah anak. Pastikan Anda mengantongi ijin dari guru ya!

Pilih Destinasi Wisata Ramah Anak

Berwisata dengan anak harus disiapkan secara matang, termasuk dalam pemilihan destinasi wisata.

Pilihlah destinasi wisata yang menyediakan lokawisata ramah anak, termasuk menyediakan nursing room apalagi jika Anda membawa serta batita.

Anda dapat memilih lokasi wisata yang menyediakan wahana rekreasi yang digemari oleh anak-anak. Disamping itu pastikan fasilitas umum terutama toilet di lokasi wisata tersebut layak pakai agar Anda tidak panik jika sewaktu-waktu buah hati Anda harus menuntaskan hajatnya.

Hindari Jadwal Liburan yang Padat

Saat akan berlibur dengan si kecil buatlah itinerary yang detail dengan jadwal yang tidak terlalu padat. Mungkin Anda tidak dapat mengunjungi banyak tempat wisata, namun kenyamanan si kecil selalu menjadi yang utama.

Selain itu, jadwal yang terlalu padat akan membuat Anak Anda mudah lelah. Saat kondisi lelah, tubuh akan lebih mudah terpapar penyakit yang justru berbahaya bagi sang buah hati.

Bawa Cemilan dan Air Minum

Anak-anak umumnya akan lebih mudah rewel saat sedang lapar. Amunisi cemilan dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar si kecil.

Selain itu, si kecil yang kerap aktif akan lebih sering haus. Hindari terlalu banyak minum air berperisa yang akan membuat si kecil lebih cepat haus.

Karenanya sedia air minum mineral agar kebutuhan cairan anak terpenuhi secara optimal.

Bawa Tas Kesehatan Lengkap

Saat bepergian atau liburan dengan anak perlengkapan khusus kesehatan wajib dibawa tanpa terkecuali.

Berikut adalah daftar perlengkapan kesehatan yang harus ada dalam tas kesehatan atau medical kit selama berlibur:

  • Peralatan P3K lengkap yang terdiri dari plester, kain kasa steril, larutan saline, cairan atau tisu antiseptik.
  • Termometer
  • Parasetamol Anak dan Dewasa
  • Obat alergi
  • Obat untuk diare
  • Oralit
  • Lotion anti nyamuk
  • Obat-obatan pribadi

Sediaan medical kit atau tas kesehatan yang lengkap dapat mengantisipasi jika suatu waktu si kecil atau bahkan Anda jatuh sakit saat berlibur.

Abadikan Momen, Dokumentasikan Liburan Anda

Di era kecanggihan teknologi, Anda akan lebih mudah mendokumentasikan kegiatan. Berbekal smartphone Anda dapat mengabadikan momen liburan untuk kenang-kenangan dan menjadi cerita di masa depan.

Berlibur dengan anak kecil memang membutuhkan usaha ekstra agar Anda dan si kecil sama-sama menikmati pengalaman baru saat berlibur. Namun dengan berlibur Anda akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi buah hati. 

Terapkan cara menikmati liburan dengan anak kecil agar Anda dan buah hati merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Posting Komentar