Notifications

8 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Mendaki gunung menjadi salah satu hobi yang kini banyak diminati dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan khususnya fisik dan juga mental. Para kawula muda memilih aktivitas pendakian sebagai salah satu cara untuk self healing untuk menjaga kesehatan mental mereka. Kira-kira apa saja manfaat mendaki gunung bagi kesehatan fisik dan mental?

Untuk melakukan kegiatan yang diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, Anda harus menyiapkan kondisi fisik yang prima. Tentunya tuntutan tersebut, mendorong Anda untuk menjaga pola.hidup yang sehat dan persiapan fisik yang mumpuni.

Aktivitas mendaki menuntut Anda untuk memperkuat punggung, terutama kaki dan lengan. Terlihat seperti melelahkan bukan? Namun jangan khawatir meski melelahkan, Anda akan mendapatkan manfaat mendaki gunung bagi kesehatan fisik dan mental.

Yuk simak ulasan manfaat mendaki gunung bagi kesehatan mental dan fisik!

8 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Fisik

Mendaki gunung dapat dikategorikan sebagai bagian dari olahraga ekstrim. Diperlukan stamina yang kuat untuk menuntaskan trekking dengan medan yang dibilang tidak mudah.

Kegiatan ini pun menuntut otot untuk bekerja keras untuk kurun waktu yang lumayan lama, karenanya persiapan fisik adalah hal yang tidak boleh diabaikan.

Karena sangat berhubungan dengan fisik, berikut manfaat mendaki gunung bagi kesehatan fisik:

1. Memperkuat Otot Kaki

Mendaki gunung adalah aktivitas fisik dengan durasi waktu yang cukup panjang. Selama mendaki, Anda mengandalkan otot kaki untuk terus melangkah dan menopang beban dengan medan yang cukup menantang.

Medan perjalanan berkerikil, bebatuan, dan tanah yang dilalui memberikan manfaat pada perkembangan otot kaki.

Tentunya dengan perjalanan tersebut otot kaki Anda akan semakin menguat.

2. Membuat Tulang Lebih Padat

Kondisi tulang yang lebih padat membantu menghindarkan Anda dari risiko osteoporosis. Dengan berjalan kaki atau melintasi ketinggian akan membuat tulang Anda nenjadi lebih padat.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Saat mendaki, jantung dan paru-paru bekerja lebih keras. Hal tersebut dapat membuat otot jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat sehingga kinerjanya pun akan meningkat.

Seiring dengan proses pendakian maka tubuh akan dipaksa untuk memasok oksigen yang tinggi dan sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat. Kondisi tersebut melatih performa jantung dan paru-paru.

Agar tubuh tidak kaget dengan kondisi tersebut, maka latihan rutin wajib Anda lakukan agar jantung dan paru-paru dapat dengan mudah beradaptasi saat mendaki.

Selain itu, bonus udara segar dan bebas polusi menjadi hadiah bagi organ pernapasan Anda.

4. Membantu Menurukan Berat Badan

Kegiatan hiking atau mendaki gunung memerlukan energi tinggi, sehingga dengan aktivitas ini akan banyak kalori yang terbakar.

Besaran kalori tersebut tentu membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Besaran kalori yang dibakar saat pendakian bervariasi tergantung dari jenis kelamin, berat badan serta intensitas gerakan.

Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Mental

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, dengan mendaki kesehatan mental Anda pun dapat terjaga. Hal tersebut terbukti karena banyak influencer pendaki gunung mengawali petualangannya dengan triger kesehatan mental.

Berikut ini manfaat mendaki gunung bagi kesehatan mental yang wajib kamu tahu:

1. Mengatasi Stres

Mendaki dapat menjadi alternatif untuk aktivitas stress release. Suguhan keindahan alam dan adrenalin yang terpacu selama pendakian dapat mengalihkan fokus Anda dari ketegangan dan permasalahan hidup.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Mendaki dapat dimasukan kategori olahraga karena kegiatan ini mampu membakar kalori yang cukup tinggi.

Dengan aktif bergerak, sirkulasi udara semakin lancar dan aliran darah ke otak menjadi optimal sehingga pasokan oksigen dan nutrisi otak terpenuhi.

Meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi tersebut dapat meningkatkan sel-sel saraf di area otak yang berperan dalam mengendalikan memori dan fungsi kognitif.

3. Mengatasi Insomnia

Beraktivitas di luar ruangan dengan cahaya alami dapat membantu memperbaiki pola tidur. Jadi jika Anda mengalami insomnia, maka hiking dapat dijadikan solusi untuk mengatasinya.

4. Meningkatkan Hubungan Sosial

Para pendaki gunung dan pecinta alam dikenal dengan kesolidan dan solidaritasnya. Kegiatan di alam memang menuntut untuk bersosialisasi dan menumbuhkan rasa empati.

Tentunya, pembawaan tersebut akan membentuk karakter dan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mendaki tak hanya fisik namun berdampak positif pada kehidupan sosial.

Demikian manfaat mendaki gunung bagi kesehatan fisik dan mental. Sebelum mendaki pastikan Anda melakukan latihan agar tubuh lebih adaptif saat melakukan pendakian.

Posting Komentar