Notifications

6 Tips Berkendara Saat Berwisata Di Luar Negeri

Siapa sih yang tidak senang saat berwisata? Agar pengalaman wisata menyenangkan, tentunya akan lebih baik jika Anda mengenal kebiasaan-kebiasaan daerah wisata tujuan, termasuk tips berkendara saat berwisata di luar negeri.

Meski menggunakan moda transportasi umum lebih simpel dan praktis, namun berkendara saat wisata di luar negeri akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda.

Tiap Negara memiliki peraturan tersendiri tentang berkendara, apalagi untuk para wisatawan. Anda harus siap beradaptasi dengan kebiasaan berkendara yang mungkin saja berbeda dengan kebiasaan Anda saat ini.

Bagi Anda yang ingin memiliki mencoba pengalaman baru, yuk simak tips berkendara saat berwisata di luar negeri secara aman dan menyenangkan.

6 Tips Berkendara Saat Berwisata Di Luar Negeri

6 Tips Handal Berkendara saat Berwisata di Luar Negeri

Jika Anda berniat untuk berkendara saat liburan di luar negeri, 6 tips berikut ini wajib disimak agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman selama perjalanan wisata.

Berikut tips berkendara saat berwisata di luar negeri:

Memiliki SIM Internasional

Surat Izin Mengemudi menjadi syarat mutlak untuk dapat berkendara di Luar Negeri. Untuk dapat berkendara di kawasan ASEAN, Anda masih dapat menggunakan SIM domestik dengan format berbahasa Inggris.

Sedangkan jika berada di luar kawasan ASEAN Anda harus menyertakan SIM internasional agar dapat berkendara.

Untuk membuat SIM Internasional, Anda cukup membawa KTP asli beserta fotokopinya, SIM asli dan fotokopi, paspor yang masih berlaku beserta fotokopinya, empat lembar pas foto ukuran 4×6 dengan latar biru (pria berdasi dan wanita menggunakan blazer), dan satu lembar materai Rp6.000.

Adaptasi dengan Kondisi Setir

Tahukah Anda, jika sebagian besar mobil di luar negeri menerapkan setir kiri?

Tentunya dengan kondisi tersebut, Anda harus menyesuaikan dengan perbedaan letak komponen-komponen penting saat berkendara. Salah satu cara adaptasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari tahu jenis kendaraan yang akan disewa dan mempelajari tata letak setir agar memiliki gambaran saat berkendara.

Meski mengubah kebiasaan menyetir tidaklah mudah, namun tuntunan ini harus Anda jalani agar dapat berkendara saat berwisata di negara yang berbeda.

Cari Tahu Tempat Penyewaan Kendaraan

Mencari tahu informasi penyewaan kendaraan akan memberikan keuntungan seperti membandingkan fasilitas, jenis mobil dan harga yang sesuai dengan budget yang disiapkan.

Pilihlah tempat sewa yang menyediakan tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dan yang tidak kalah penting adalah pertimbangkan layanan dari penyewaan dan aturan sewa yang ditetapkan, termasuk denda-denda saat terjadi keterlambatan pengembalian.

Siapkan Asuransi Perjalanan

Pertimbangkan untuk menggunakan asuransi perjalanan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Asuransi perjalanan dapat Anda beli di negara asal ataupun di negara tujuan, bahkan di tempat sewa kendaraan.

Asuransi perjalanan bahkan menjadi syarat wajib beberapa negara tujuan, seperti sebagian negara Eropa dan Amerika.

Siapkan Kartu Kredit

Salah satu alat pembayaran yang harus disiapkan saat berwisata ke luar negeri adalah kartu kredit.

Pembayaran sewa mobil dengan kartu kredit lebih umum digunakan dibandingkan dengan pembayaran menggunakan kartu debit.

Selain itu, saat membayar sewa kendaraan para pemberi sewa akan memperhatikan kesamaan antara data kartu kredit dan SIM yang digunakan.

Oleh karena itu, pastikan nama SIM dan kartu kredit yang Anda gunakan sama. Dan pastikan juga kartu kredit yang Anda gunakan tidak memiliki limit pembayaran.

Cari Tahu Peraturan Lalu Lintas

Yang terakhir adalah, cobalah untuk mencari tahu informasi peraturan lalu lintas negara yang akan dikunjungi.

Pahamilah bahwa setiap negara memiliki peraturan atau kebijakan berkendara yang mungkin berbeda dengan negara asal Anda. Bahkan pada beberapa negara, aktivitas menggunakan gadget seperti handsfree sama sekali tidak diperbolehkan karena dianggap berbahaya

Dan beberapa negara bahkan menerapkan peraturan unik. Contohnya adalah larangan mogok di Jerman, bahkan saat kendaraan kehabisan bensin.

Tentunya peraturan tersebut dibuat dengan alasan tertentu yang logis, yakni pengendara wajib mengecek kelayakan mobil dan memperhitungkan bensin yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan.

Demikian tips berkendara saat berwisata di luar negeri. Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas agar perjalanan wisata Anda aman tanpa masalah!

Posting Komentar