Notifications

2 Cara Menukar Uang Sebelum Berwisata ke Luar Negeri

Bagi Anda yang memiliki rencana wisata ke mancanegara, alangkah baiknya untuk menambah pengetahuan mengenai cara menukar uang sebelum berwisata ke luar negeri.

Menukar uang sebelum berwisata ke luar negeri akan lebih menguntungkan dilakukan di negara asal, apalagi jika negara yang Anda kunjungi memiliki nilai mata uang yang lebih kuat.

2 Cara Menukar Uang Sebelum Berwisata ke Luar Negeri

Tempat Penukaran Uang

Anda dapat menukar uang Anda dengan mata uang negara tujuan pada lembaga Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing atau KUPVA baik itu bank maupun non bank. Tempat Penukaran KUPVA non bank yang populer adalah money changer.

Bank

Bank merupakan lembaga keuangan yang tidak hanya melayani simpan pinjam saja, Anda dapat melakukan penukaran uang asing disini.

Proses menukar uang di Bank pun terbilang mudah, dengan syarat utamanya adalah Anda harus memiliki rekening dari Bank yang akan dituju untuk menukar uang.

Anda dapat menukar uang dengan mata uang asing berdasarkan kurs yang berlaku saat itu atau secara real-time.

Sayangnya, tidak semua cabang Bank menyediakan mata uang asing dalam bentuk fisik. Sehingga, Anda perlu memastikan cabang Bank terdekat yang dapat menyediakan mata uang yang Anda butuhkan.

Money Changer

Money changer adalah KUPVA Bukan Bank (KUPVABB) yang populer di kalangan wisatawan untuk tempat menukar uang.

Umumnya masyarakat maupun wisatawan lebih nyaman untuk menukar uang asing disini. Anda tidak harus memiliki akun ataupun kartu keanggotaan untuk menukar uang di Money Changer.

Cukup siapkan kartu identitas dan sejumlah uang untuk menukar uang di Money Changer, bahkan beberapa Money Changer melayani penukaran dengan menggunakan kartu debit.

Selain tidak mensyaratkan keanggotaan, umumnya nilai kurs di Money Changer lebih rendah dibanding Bank.

Namun, Anda harus pandai untuk menyeleksi Money Changer.

Pilihlah Money Changer yang legal atau telah mengantongi izin dari BI. Cirinya di kantor money changer tersedia logo KUPVABB yang dilengkapi QR Code untuk mengecek legalitasnya.

BI menghimbau agar tak tergiur kurs rendah dan menyampingkan legalitas Money Changer untuk menghindari risiko penipuan serta uang palsu.

Cara Menukar Uang Rupiah dengan Mata Uang Asing

Sebelum berangkat berwisata ke luar negeri, siapkan sejumlah mata uang negara tujuan dalam bentuk cash. Berikut cara menukar uang sebelum berwisata ke luar negeri:

Tentukan Tempat Tukar Uang Terpercaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tempat tukar uang yang menyediakan mata uang yang Anda inginkan.

Anda dapat memilih bank, Money Changer, atau kantor penukaran mata uang resmi. Pastikan tempat yang Anda pilih memiliki reputasi baik dengan kurs yang kompetitif.

Periksa Kurs Tukar

Nilai tukar atau kurs wajib Anda pantau, selain untuk menyiapkan dana yang sesuai Anda pun dapat mendapatkan kurs terbaik saat melakukan penukaran.

Pantau terus kurs penukaran melalui web bank, aplikasi seluler, atau Anda pun dapat bertanya langsung kepada pihak yang Anda pilih untuk menukar uang.

Bawa Identifikasi Diri

Siapkan kartu identitas saat akan melakukan penukaran uang. Jika Anda memilih Bank untuk tempat penukaran, maka siapkan rekening atas Bank tersebut.

Kartu identifikasi diri menjadi syarat umum yang diterapkan oleh lembaga-lembaga tukar uang untuk memastikan transaksi yang aman dan sah.

Siapkan Sejumlah Uang dalam Keadaan Baik

Sediakan uang yang berada dalam kondisi baik, seperti tidak robek ataupun terlipat. Beberapa lembaga keuangan dapat mereduksi nilai uang saat ditemukan uang yang tidak dalam kondisi baik.

Pastikan bahwa uang yang akan Anda gunakan tidak digabungkan baik itu dengan menggunakan selotip ataupun Staples.

Datangi Teller

Saat berada di tempat penukaran, Anda dapat mendatangi teller dan melakukan proses penukaran uang:

  • Anda mengisi formulir penukaran uang,
  • Teller memberikan informasi harga atau jumlah uang yang harus disiapkan,
  • Transaksi penukaran uang diproses, Anda akan mendapatkan mata uang asing beserta nota pembelian. Simpanlah nota pembelian untuk menyampaikan komplain jika suatu saat uang Anda tidak diterima di negara tujuan.

Hitung Uang dengan Cermat

Sebelum meninggalkan Teller, Anda berkewajiban untuk menghitung uang secara cermat. Pastikan jumlah uang yang diterima sesuai dengan formulir penukaran.

Demikian cara menukar uang sebelum berwisata ke luar negeri yang penting untuk diketahui. Siapkan selalu uang cash saat perjalanan wisata, agar liburan menjadi menyenangkan tanpa kendala pembayaran!

Posting Komentar