Notifications

Perbedaan dan Fungsi Tenda Single Layer dan Double Layer


Saat mendaki, tenda adalah rumah Anda untuk istirahat dan mengumpulkan energi sebelum melanjutkan petualangan. Karenanya Anda wajib mempertimbangkan jenis tenda yang tepat agar dapat beristirahat dengan cukup.

Berdasarkan jumlah lapisannya (layer), Anda dapat memilih tenda single layer dan tenda double layer. Keduanya jelas memiliki fungsi tersendiri serta kelebihan dan kekurangan. 

Sebelum memutuskan memilih atau membeli tenda, mari kita bandingkan perbedaan dan fungsi dari tenda single layer dan double layer.

Perbedaan dan Fungsi Tenda Single Layer dan Double Layer

Tenda Single Layer

Sesuai namanya, tenda single layer adalah tenda yang hanya terdiri dari satu lapisan saja. Untuk pengalaman mendaki, tenda ini kurang cocok jika digunakan untuk mendaki gunung.

Umumnya tenda single layer memiliki sirkulasi udara yang kurang lancar sehingga dapat terjadi pengembunan. Oleh karena itu tenda inj tidak direkomendasikan untuk kegiatan mendaki gunung.

Namun jika untuk berkemah ataupun camping disekitran pantai, Anda dapat menggunakannya terkecuali saat musim hujan.

Meski terbuat dari bahan waterproof, namun air dapat merembes melalui celah jahitan. Tentunya rembesan air tersebut akan membuat kondisi tenda menjadi tidak nyaman.

Berikut kekurangan dan kelebihan tenda single layer yang dapat kamu pertimbangan sebelum membelinya:

Kelebihan:

Ukuran packing lebih ringkas

Karena hanya terdiri dari satu lapisan, packing tenda single layer menjadi lebih ringkas. 

Berat umumnya lebih ringan

Selain ringkas, berat tenda single layer lebih ringan dibandingkan dengan tenda double layer.

Bentuknya sederhana dan mudah memasangnya

Bentuknya sederhana sehingga Anda mudah untuk keluar dan masuk melalui lubang pintu, selain itu instalasinya pun tidak serumit tenda double layer.

Harganya relatif lebih murah

Karena hanya terdiri satu lapisan tentunya harga dari tenda single layer ini relatif lebih murah.

Kekurangan:

Kurang cocok dipakai ketika musim hujan

Meski terbuat dari bahan waterproof, namun tenda ini masih berpotensi untuk terjadi rembesan lewat celah jahitan. Selain itu cuaca dingin saat hujan dapat menimbulkan pengembunan yang akan membuat udara dalam tenda lebih lembab.

Kurang cocok dipakai mendaki gunung

Saat mendaki gunung cuaca yang dihadapi akan lebih dingin karena Anda terus mengalami perubahan elevasi. Tenda single layer kurang dapat menahan hawa dingin yang kurang baik untuk mendukung kenyamanan istirahat.

Tenda Double Layer

Selanjutnya, jenis tenda berdasarkan jumlah lapisan penyusun yang kedua adalah tenda double layer. Tenda double layer merupakan tenda yang memiliki 2 lapisan yang terdiri dari inner dan outer. 

Inner tenda dalam double layer biasanya terbuat dari bahan dengan sirkulasi udara yang baik seperti mesh. Sedangkan untuk outer, bahan yang digunakan adalah bahan non-breathable dengan tingkat kerapatan dan kemampuan menahan air yang lumayan tinggi.

Dalam instalasinya, antara inner dan outer pada tenda double layer ini dibuat berjarak untuk membentuk sirkulasi udara sehingga resiko terjadinya kondensasi pada tenda jenis ini terbilang kecil. 

Bahan outer yang rapat membuat tenda double layer ini tahan terhadap cuaca hujan dan dapat mempertahankan udara hangat di dalam tenda.

Kelebihan:

Lebih tangguh

Tenda double layer lebih tangguh dalam menghadapi cuaca ekstrim. Selain itu rangka tenda pun lebih kuat sehingga dapat menahan terpaan angin. 

Rangka tenda double layer dibuat sangat kokoh karena harus menahan dua lapisan tenda.

Cocok digunakan untuk mendaki gunung

Tenda double layer didesain untuk tahan terhadap cuaca dingin dan memiliki rangka yang kokoh sehingga cocok digunakan untuk mendaki gunung.

Selain itu desainnya dan bahan yang dibuat sangat mendukung sirkulasi udara yang baik sehingga udara di dalam tenda tidak pengap dan dapat membuat Anda istirahat dengan nyaman.

Cocok digunakan ketika musim hujan

Lapisan outer yang tersusun atas bahan dengan kerapatan tinggi dapat menghalau hujan dan mencegah terjadinya rembesan air.

Kekurangan:

Cenderung Berat

Karena terdiri dari dua lapisan tentunya tenda double layer memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan tenda single layer. 

Harga Relatif Mahal

Terbuat dari material yang berkualitas dan terdiri dari banyak komponen, membuat tenda double layer cenderung memiliki harga yang relatif mahal.

Demikian perbedaan dan fungsi tenda single layer dan double layer yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih dan membeli tenda sesuai kebutuhan. Kira-kira yang mana pilihanmu?

Posting Komentar