Notifications

9 Tips Aman Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Aktivitas pendakian saat musim hujan akan lebih menantang namun penuh resiko, untuk itu dibutuhkan beberapa tips aman mendaki saat sedang terjadi musim hujan.

Ketahui beberapa tips penting berikut yang dapat membantu kamu saat ingin mendaki gunung kala musim sedang tidak bersahabat untuk mendaki berikut ini:

9 Tips Aman Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Musim Hujan Datang, 9 Tips Aman Mendaki ini Penting Diketahui

Tips aman mendaki saat musim hujan penting untuk diketahui agar pendakian tetap aman dan nyaman meski cuaca hujan. Simak 9 Tips mendaki saat hujan agar pendakian tetap aman, nyaman dan menyenangkan!

Pilih Jalur Pendakian dengan Trekking Mudah

Demi keselamatan, akan lebih baik jika Anda bijak dalam memilih jalur pendakian. Pilihlah jalur pendakian dengan medan yang mudah. Bila memungkinkan, cari tahu jalur pendakian dan lokasi camp yang aman ditempati saat cuaca hujan.

Siapkan Baju untuk Layering

Saat musim hujan Anda harus siap memakai baju yang terdiri dari 3 layer. Layering tersebut terdiri dari base layer (lapisan dasar), insulating layer (lapisan tengah), dan shell layer (lapisan paling luar).

  • Base layer adalah lapisan dasar yang langsung bersentuhan dengan kulit. Pilihlah base layer yang terbuat dari bahan polyester atau sintetis. Bahan-bahan tersebut mampu menyerap keringat dengan baik dan membantu keringat berpindah ke lapisan selanjutnya.
  • Insulating layer merupakan lapisan tengah yang berfungsi mengatur kelembaban. Bahan Insulating layer sebaiknya terbuat dari bahan dengan fleksibilitas tinggi, seperti polarguard, fleece, atau bulu angsa.
  • Shell layer merupakan lapisan terluar yang  berfungsi melindungi dua lapisan lainnya. Bahan waterproof dengan kerapatan tinggi dapat menjadi pilihan terbaik agar mampu melindungi tubuh dari cuaca buruk, seperti hujan atau angin kencang. Salah satu contoh Shell layer adalah jas hujan ataupun jaket yang tahan air.

Pilih Baju yang Cepat Kering

Hujan yang datang tiba-tiba, dapat membuat baju Anda basah. Kondisi baju basah selama pendakian bisa memunculkan hipotermia yang merupakan fenomena yang sering berbahaya jika berlangsung dalam waktu yang lama.

Untuk menghindari resiko tersebut, bawalah pakaian yang cepat kering sehingga pendakian lebih aman. Selain itu, baju yang memiliki kemampuan cepat kering umumnya lebih ringan dan ringkas sehingga dapat mengurangi beban bawaan selama mendaki.

Lindungi barang bawaan dengan plastik

Agar barang bawaan tidak basah, Anda dapat melindunginya dengan cara membungkus dengan plastik. Bungkus pakaian ganti ataupun barang elektronik dengan plastik yang kedap air, lindungi juga barang bawaan yang mudah rusak oleh air agar barang bawaan tetap aman dan kering selama prose pendakian.

Pastikan Tenda Dalam Keadaan Layak Pakai

Tenda akan menjadi tempat tinggal sementara untuk beristirahat selama melakukan pendakian, karenanya wajib untuk memilih tenda yang kokoh dan tahan terhadap hujan dan angin.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan tenda double sheet dengan frame yang kuat dan tidak mudah patah, untuk mengantisipasi cuaca buruk ekstrim seperti hujan badai diterpa badai.

Selain itu pastikan tenda yang dibawa dalam kondisi layak pakai, jahitannya terjaga dan tidak robek. Rembesan air akan membuat udara di tenda lembab dan akan mengganggu kenyamanan istirahat Anda.

Bawa Flysheet

Flysheet sangat penting untuk dibawa saat musim penghujan untuk melindungi tenda dari guyuran hujan yang deras. Selain itu Flysheet dapat menahan udara dingin, sehingga tenda Anda tetap hangat dan nyaman untuk beristirahat.

Gunakan trekking pole

Trekking pole dapat membantu Anda melewati area yang licin saat mendaki. Atau jika terdapat genangan, trekking pole berguna untuk mengetahui kedalaman genangan yang akan dilewati sehingga dapat mengantisipasi cedera karena salah melangkah.

Hindari Mendaki di Malam Hari

Mata akan mengalami keterbatasan jarak pandang saat malam menjelang. Apalagi jika cuaca hujan, kondisi medan jadi sulit terpetakan karena keterbatasan pandangan tersebut. Oleh karena itu, buatlah jadwal pendakian di siang hari dan pastikan untuk tiba di tempat istirahat atau pos sebelum malam menjelang.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menyalurkan hobi mendaki meski cuaca tidak mendukung. Tips aman mendaki selama musim hujan akan membuat pengalaman pendakian Anda berkesan dan tetap menyenangkan di tengah cuaca hujan yang tidak menentu.

Posting Komentar