Notifications

8 Tips Perdana Mendaki Gunung Bagi Pemula

Mendaki gunung menjadi hobi yang kini banyak digandrungi oleh para kawula muda. Tips perdana mendaki gunung menjadi bekal bagi Anda yang ingin menggandrungi hobi ekstrim ini.

Sebagai salah satu hobi ekstrim, tentunya Anda perlu mempersiapkan secara matang saat akan mendaki gunung. Simak 10 tips yang wajib diketahui bagi pendaki pemula!

8 Tips Perdana Mendaki Gunung Bagi Pemula

Pendaki Pemula Wajib Coba Tips Perdana Mendaki Gunung

Bagi para pecinta hiking, mendaki gunung dapat memberikan efek rileks hingga meredakan stres. Pemandangan alam selama trekking dan adrenalin saat melakukan pendakian menjadi daya tarik dari hobi ekstrim ini.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menjelajahi gunung silahkan simak tips perdana mendaki gunung, agar pendakian aman dan memberikan kesan menyenangkan.

1. Pilih Gunung dengan Trekking Mudah

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai mendaki, pemilihan gunung yang tepat untuk didaki sangatlah penting.

Anggaplah pendakian perdana sebagai sarana untuk melatih kemampuan dan performa. Oleh karena itu memilih gunung dengan trekking mudah juga akan menjamin keselamatan Anda.

Jalur mudah dan pendek sangat disarankan bagi pendaki pemula. Karena dalam proses mendaki aspek stamina dan mentalitas turut mendukung keberhasilan pendaki mencapai target tujuan.

Selain itu, cobalah untuk mengenali terlebih dulu jalur pendakian yang Anda tuju. Anda dapat mencari tahu kondisi jalur pendakian dengan membaca review atau ulasan di internet.

2. Lakukan Persiapan Fisik

Kondisi fisik yang prima sangat dibutuhkan untuk mendaki. Kondisi fisik yang prima ini dapat diperoleh dengan cara melakukan persiapan fisik.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kondisi fisik yang bugar menjelang hari naik gunung, Anda perlu membangun keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan pada kaki dan otot punggung Anda.

Lakukan olahraga yang dapat mendukung kekuatan punggung dan bahu. Punggung dan baru menjadi bagian penting karena akan menopang beban berupa tas ransel gunung selama pendakian.

3. Perhatikan Asupan Gizi Menjelang Pendakian

Menjelang Pendakian sedianya Anda harus berada dalam kesehatan yang prima. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan gizi. Makan dengan gizi seimbang akan membuat Anda sehat hingga waktu pendakian tiba. 

4. Siapkan Perlengkapan Mendaki yang Memadai

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan ekstrim dimana Anda akan memasuki alam bebas dan bergantung pada apa yang barang atau perlengkapan yang dibawa.

Oleh karena itu Anda perlu membekali diri dengan perlengkapan yang penting selama pendakian. Jika berencana untuk membangun tenda, bawalah tenda anti air dan angin yang dapat menciptakan suasana tempat istirahat yang nyaman.

Selain itu, kenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi medan yang akan dilewati. Gunakanlah sepatu khusus mendaki agar kaki Anda terasa nyaman sepanjang pendakian.

5. Bawa Makanan dan Air yang Cukup

Untuk dapat mendaki gunung dengan lancar, Anda perlu memperhatikan pasokan energi. Karenanya, Penting bagi Anda untuk memperhatikan tubuh agar mendapat asupan makanan dan cairan yang cukup, sehingga daya tahan tubuh terjaga. 

Bawalah air dan makanan berkalori tinggi dengan jumlah disesuaikan dengan kebutuhan hingga pendakian usai.

6. Siapkan Obat-Obatan 

Siapkan obat pribadi sebagai langkah antisipasi jika terjadi kendala kesehatan selama pendakian. Jima Anda memiliki kondisi khusus, jangan segan-segan untuk menginformasikan kepada anggota rombongan atau teman yang mendampingi Anda agar dapat diberikan penangan khusus.

Selain obat-obatan pribadi, sarana P3K standar pun wajib disiapkan untuk mengantisipasi kejadian alam yang sulit diprediksi.

7. Kabari Keluarga dan Kerabat Dekat

Terlepas dari restu, mengabari keluarga dan kerabat dekat sebelum berangkat mendaki gunung merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan.

Bahkan, saat pendakian akan lebih baik anda memberikan kabar terkini pada keluarga atau kerabat. Berikan informasi terkait lintasan, serta waktu pendakian gunung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Ditemani Pendamping Berpengalaman

Bagi pendaki pemula, ada baiknya untuk melakukan pendakian perdana dengan pendamping yang memahami gunung yang didaki.

Anda dapat mengajak teman yang berpengalaman atau didampingi pendaki profesional dengan bergabung bersama rombongan pendaki.

Demikian beberapa tips perdana mendaki gunung yang wajib diketahui oleh pendaki pemula. Kira-kira gunung yang mana yang akan dicoba untuk pendakian perdana Anda?

Posting Komentar