Notifications

Wisata Alam Goa Sodong, Pemandian di Hutan Belantara

Wisata alam Goa Sodong terletak di Banyuwangi yang memang merupakan daerah pegunungan dengan kondisi hutan masih terjaga. Tidak heran banyak sumber air yang masih segar dan terjaga kejernihannya. Kali ini mari menilik wisata yang alami.

Wisata Alam Goa Sodong, Pemandian di Hutan Belantara

Wisata Alam Goa Sodong Banyuwangi

Sebagai lokasi wisata alam yang menyimpan keindahan luar biasa, Goa Sodong merupakan goa yang menyimpan banyak cerita sejarah dan budaya bagi masyarakat sekitar. Perlu Anda tahu, bahwa tempat ini merupakan lokasi bertapa para leluhur Dusun Pelinggihan.

Pembangunan di Goa Sodong sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2018. Hal itu dilakukan supaya menarik banyak wisatawan baik lokal maupun luar kota menikmati alam. Seolah tidak sia-sia, kini goa tersebut memang menjadi destinasi wisata pilihan saat di Banyuwangi.

Bagi yang baru berkunjung, pintu masuk goa sebenarnya berada di belakang area pemukiman penduduk. Bentuknya berupa gang yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Nah, bagi pengguna mobil harus parkir lebih awal di tempat yang sudah tersedia.

Hal Menarik di Goa Sodong

Sebagai tempat wisata alam yang masih asri dengan beberapa pembaruan. Ada banyak hal menarik yang akan Anda temukan disini. Bukan hanya soal sumber air menyegarkan saja, tapi juga beberapa fasilitas lengkap lainnya. Simak ulasan berikut!

  1. Bersantai di Cafe Kali

Cafe Kali merupakan tempat yang sedang hits di kalangan remaja. Konsepnya unik yaitu tempat makan di atas kali atau sungai. Kafe yang satu ini juga terkenal dengan aktivitas ngopi di atas sungai. Tidak lupa pula beragam menu lezat menggoyang lidah.

Tempat yang cocok untuk bersantai sebelum ke lokasi goa. Tidak hanya makanan berat, ada juga jajanan. Apalagi saat musim pete, menu ini tak pernah ketinggalan. Recommended sebagai tempat bersantap serta menikmati alam meski tak masuk area pemandian.

  1. Tracking ke Goa Sodong

Untuk sampai ke wisata alam Goa Sodong pengunjung harus melewati jembatan bambu terlebih dahulu. Di sekeliling jalan hanya ada pepohonan hijau membuat suasana semakin sejuk. Jembatan tersebut menghubungkan antara pintu masuk dengan gerbang menuju pemandian.

Di sepanjang jalan udara begitu menyegarkan. Apalagi lokasinya yang memang jauh dari riuhnya kendaraan. Liburan serasa lebih berkesan. Tiket masuknya juga murah. Cukup bayar Rp 5 ribu saja.

  1. Hutan Goa Sodong

Seperti penjelasan sebelumnya, Banyuwangi sendiri punya banyak sumber mata air. Salah satunya adalah Hutan Goa Sodong yang jadi sumber air alami bagi penduduk setempat. Air pemandian juga berasal dari sumber tersebut.

Kondisi hutannya masih sangat terjaga sebab belum tersentuh konstruksi. Mata air dari hutan juga digunakan untuk mengairi sawah serta kebutuhan rumah tangga. Oleh sebab itu jika Anda berkunjung jangan sampai membuang sampah sembarangan.

  1. Kolam Pemandian

Kolam pemandian merupakan spot favorit wisatawan. Di mana Anda bisa berenang menikmati kesegaran airnya serta keindahan alam sekitar. Airnya jernih dengan gradasi biru kehijauan. Ada kolam dewasa dan anak-anak dengan bagian dasar berupa bebatuan alami.

Melihatnya sekilas, kolam yang terdiri dari sumber air hutan dan air hangat tersebut nampak seperti infinity pool. Suhu airnya juga tidak terlalu dingin. Cocok sekali sebagai tempat relaksasi meredakan kepenatan.

  1. Mata Air Hangat

Selain mata air dari hutan Goa Sodong, ada pula sumber air hangat yang cocok untuk pemandian anak-anak. Sumber tersebut tentu tidak banyak dimiliki wisata alam lainnya. Air hangat tersebut juga mengalir ke kolam pemandian.

Kolam air hangat di sini begitu jernih. Bahkan pengunjung bisa melihat bagian dasar air berupa batuan besar dan kecil.

Alamat Menuju Goa Sodong Banyuwangi

Apabila Anda berminat menuju lokasi wisata Goa Sodong, pergilah ke Dusun Pelinggihan, Grogol, Giri, Banyuwangi. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika melalui rute Penataban pengunjung harus melewati Jl. Brawijaya ke arah Ketapang.

Sampai menemukan pertigaan, belok kiri sampai ke seberang rel kereta api. Tidak terlalu jauh, pengunjung akan melihat spanduk lokasi wisata Goa Sodong. Ikuti petunjuk jalan tersebut.

Itulah ulasan mengenai wisata alam Goa Sodong yang masih alami. Memiliki dua sumber mata air, dingin dan hangat sekaligus.

 

Posting Komentar