Notifications

Tukad Cepung Waterfall Bali

Tukad Cepung Waterfall Bali

Tukad Cepung Waterfall merupakan tempat wisata air terjun yang ada di Bali. Letaknya tepat berada di balik Sungai Cepung. Obyek tersebut punya panorama alam yang indah berpadu dengan segarnya sumber air alami.

Tukad Cepung Waterfall

Jika mendengar kata Bali mungkin yang terbayang adalah lokasi Pantai Dewata, Nusa Penida, dan wisata pantai lainnya. Padahal, wilayah ini juga punya destinasi air terjun yaitu Tukad Cepung. Lokasinya tersembunyi namun punya panorama indah.

Saat cuaca sedang cerah, cahaya matahari akan menembus sela-sela dedaunan pohon. Terus bergerak menuju air terjun yang membuatnya berkilauan. Perlu Anda tahu, bahwa Tukad Cepung terletak diantara tebing dan batuan alam. Suasananya sejuk sebab dikelilingi oleh pepohonan.

Selain itu, Tukad Cepung juga menjadi tempat paling unik di Bali. Tempatnya instagramable, jadi hampir tiap sudut bisa jadi background foto. Populernya tempat ini tidak terlepas dari postingan model Amerika Sara Underwood. Terlihat ia berdiri membelakangi air terjun tersebut.

Hal Menarik di Tukad Cepung

Menjadi salah satu wisata recommended di Bali, Tukad Cepung punya daya tarik istimewa. Tidak heran banyak yang ingin berkunjung menikmati keindahan alam di sini. Terutama mereka yang berasal dari daerah perkotaan. Pasti merindukan suasana damai nan tenang.

Air Terjun dalam Goa

Spot utama Tukad Cepung, di mana lagi kalau bukan panorama air terjun di dalam goa yang tersembunyi. Tempat ini memang punya air terjun yang mengalir ke dalam goa bak tirai yang terkena sinar matahari. Otomatis saat ingin melihat kenampakan alaminya.

Pengunjung harus masuk ke dalam goa tersebut, sebab tidak akan terlihat dari luar. Air terjun setinggi 15 meter ini punya aliran yang melebar seperti kelambu. Di bawahnya ada kolam yang tidak terlalu dalam sehingga bisa untuk berenang.

Alam yang Masih Asri

Salah satu keistimewaan destinasi wisata alam adalah dikelilingi oleh pepohonan yang membuat suasana begitu asri. Terkking menuju spot air terjun pun pengunjung harus melewati tebing-tebing tinggi serta pepohonan hijau. Dari tempat parkir membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Cocok jadi wisata keluarga yang suka petualangan di alam terbuka. Pepohonan tumbuh subur, bahkan sesekali akan terdengar suara kicauan burung yang merdu. Semakin dekat dengan goa, Anda akan melihat batuan alam yang sudah penuh lumut.

Hunting Foto

Bagi yang hobi fotografi, bisa mencari spot menarik di Tukad Cepung. Sebenarnya ada banyak latar instagramable di sini. Namun yang paling favorit adalah berfoto di salah satu batu besar yang penuh lumut juga tumbuhan paku. Pada batu inilah cahaya matahari menyorot dengan eksotis.

Pengunjung bisa menaiki batu tersebut sebab posisinya cukup landai. Baik duduk maupun berdiri Anda bisa berpose sesuka hati. Pastikan datang saat cuaca cerah. Waktu ketika matahari menyinari batuan, saat itulah waktunya mengambil gambar.

Proses Penyucian Diri

Perlu Anda ketahui, Tukad Cepung Waterfall merupakan tempat yang sakral bagi penduduk sekitar. Oleh sebab itu siapapun yang berkunjung kesini harus melalui proses penyucian diri. Petugas di sana akan memercikkan air suci yang disebut upacara Mesirat.

Selain itu, di dalam lokasi Tukad Cepung terdapat lokasi untuk Melukat yaitu upacara pembersihan pikiran dan jiwa. Tempat tersebut bernama Petirtaan Nawa Tirta.

Lokasi dan Tiket Masuk Tukad Cepung

Bagi Anda yang ingin menyaksikan pesona alam tersembunyi di Bali. Langsung datang saja ke Jl. Tembuku, Penida Kelod, Tembuku, Bangli. Pastikan Anda datang saat pagi atau sore hari. Tempatnya tidak recommended di malam hari karena kurangnya penerangan.

Jangan terlalu siang sebab matahari bisa jadi sangat terik. Di bawah jam 10 pagi merupakan waktu yang direkomendasikan. Pasalnya pengunjung harus melalui ratusan anak tangga. Meski melelahkan, rasa itu akan impas ketika sampai di lokasi.

Di bagian pintu masuk akan ada tempat pembelian tiket. Setiap orang harus membayar Rp 15.000 supaya bisa eksplor air terjun dalam goa. Pastikan untuk menjaga sikap di sini karena Tukad Cepung termasuk tempat sakral bagi masyarakat.

Tukad Cepung Waterfall yang berada di Bali ini memang punya sejuta pesona juga hal-hal berbau sakral. Jangan lupa masukkan dalam list liburan tahun ini ya!

 

Posting Komentar