Notifications

Rumah Makan Gunung Medan, Kuliner Favorit di Jalur Sumatera

Salah satu hiburan di kala suntuk adalah menikmati kuliner menggoyang lidah. Seperti di Rumah Makan Gunung Medan yang terletak di lintas jalur Sumatera. Menunya lezat dan punya tempat di hati para pengunjungnya.

Rumah Makan Gunung Medan, Kuliner Favorit di Jalur Sumatera

Rumah Makan Gunung Medan Umega

Di Gunung Medan ada rumah makan terkenal bernama Umega. Tempat ini seolah tidak boleh terlewatkan bagi mereka yang sering menaiki bus antar provinsi dari Bandung – Jabodetabek – Sumatera. Letaknya di Dharmasraya, Sumbar. Mulanya, rumah makan tersebut didirikan oleh pegawai kejaksaan.

Ia bernama Zubir Sutan Bagindo di tahun 1970 an. Menu banyak dan sudah banyak yang bilang harganya pun terjangkau. Mulanya hanya sebuah tempat makan sederhana dengan beberapa pengunjung. Namun seiring waktu, Umega jadi menghasilkan banyak keuntungan.

Bahkan katanya, pemasukan melebihi jumlah gajinya sendiri. Kini bukan hanya menu makanan berat yang tersedia. Tapi juga berbagai tempat yang orang merantau butuhkan. Seperti toko oleh-oleh, ATM, mushola, dan lainnya.

Arti Nama Umega

Menilik rumah makan terkenal di jalur transit, Umega sendiri memiliki arti mendalam bagi pendirinya. Sebenarnya, sebutan tersebut berarti “Usaha Menambah Gaji”. Memang sebelumnya untuk pemasukan lebih di samping menjadi pegawai kejaksaan.

Siapa yang bisa menolak kelezatan rumah makan khas Minang. Di mana rasanya yang kaya akan rempah serta bumbu sedap lainnya. Untuk menu makannya sendiri cukup beragam seperti Ampera Minang pada umumnya.

Meski berada di lintas jalur, tempat ini menawarkan harga terjangkau. Bahkan ada yang belasan ribu saja. Tentunya sudah menjadi menu lengkap seperti nasi beserta sayur dan lauknya. Lokasi peristirahatan yang recommended sejak puluhan tahun lalu.

Rumah Makan Lezat Berkesan

Seperti ulasan sebelumnya, Umega memang punya kesan tersendiri bagi penikmatnya. Menjadi tempat satu-satunya untuk bersantap bagi penumpang bus dari Sumbar ke Jawa. Terutama untuk mereka yang sering transit di era tahun 1970 sampai 2000 an.

Diwaktu tersebut, tempat ini selalu didatangi pengamen saluang yang merupakan alat musik tradisional Minang. Mereka memainkannya di bagian teras. Suara musik itulah yang memberikan mendalam bagi penikmatnya. Harmoninya seolah jadi salam perpisahan dari tanah Minangkabau.

Pasalnya Dharmasraya sendiri adalah kabupaten palung barat dari Provinsi Sumatera Barat. Oleh sebab itu letaknya langsung berbatasan langsung dengan Jambi. Umega kini benar-benar jadi tempat menambah penghasilan bagi pegawai di sana.

Alamat Rumah Makan Gunung Medan

Bagi anda yang bukan perantau namun ingin merasakan kenikmatan masakan di Rumah Makan Gunung Medan Umega. Datanglah ke titik XJH4+75X Gn. Medan, Sitiung, Dharmasraya. Proses tempuh menuju lokasi bisa pakai kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Tidak perlu khawatir kehabisan, sebab rumah makan ini buka 24 jam setiap hari. Banyak ulasan baik mengenai tempat ini di website. Terbukti lezat dan murmer. Tempatnya cukup luas sebab sudah berdiri sejak bertahun-tahun lalu.

Di bagian luarnya, pengunjung akan disambut dengan bangunan bergaya rumah adat Minang. Area parkirnya pun luas bahkan untuk bis besar sekalipun. Nah menariknya, model makan di sini seperti prasmanan. Pengunjung bebas ambil makanan sendiri untuk menghemat waktu.

Toko Oleh-oleh Hingga SPBU

Area yang mulanya hanya sebuah tempat makan mewah dengan masakan khas Padang. Kini sudah mengalami perkembangan. Ada toko oleh-oleh yang bisa Anda datangi. Di sini menjual berbagai macam jenis makanan kering juga kuliner khas Minang.

Tersedia juga SPBU bagi yang memerlukan pengisian bahan bakar. Menu-menu di rumah makan satu ini juga beragam. Mulai dari soto, rendang, ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya. Perlu di garis bawahi, tempat ini hanya menyediakan makanan halal.

Kebanyakan pengunjung di sini bukanlah orang baru. Artinya mereka sudah sering melipir sejenak untuk bersantap atau sekedar bersantai di pelataran. Bahkan seringkali ada orang yang hanya ingin mengenang masa kecil menikmati kelezatan masakan khas Minang.

Meski sudah bertahun-tahun eksis di dunia kuliner, rumah makan Umega Gn. medan tetap berusaha mempertahankan cita rasa berkelas. Petualang kuliner sepertinya wajib kesini dan reviw makanan yang ada.

Itulah ulasan mengenai Rumah Makan Gunung Medan Umega yang jadi favorit perantau. Rasanya belum lengkap jika tidak mampir kesini saat perjalanan antar provinsi.

 

Posting Komentar