Notifications

Leke-Leke Waterfall, Pesona Air Terjun Setinggi 30 M

Leke-Leke Waterfall, Pesona Air Terjun Setinggi 30 M

Bali bukan hanya wilayah yang masyhur dengan destinasi wisata pantainya saja. Di sini juga ada obyek air terjun yang letaknya di daerah pegunungan. Leke-Leke Waterfall menjadi tempat yang harus Anda kunjungi. Pemandangan alam terbuka hijau di balik pepohonan.

Leke-Leke Waterfall

Air terjun Leke-Leke adalah tempat wisata yang tersembunyi sebab pengunjung harus rela menelusuri belantara hutan. Tepatnya berada ditengah kawasan perbukitan hijau di Bali. Otomatis udara disana masih begitu sejuk. Suasananya pun asri, sebab belum terkontaminasi pembangunan.

Destinasi wisata air terjun setinggi 30 meter ini memang mempesona. Di sekelilingnya terdapat batuan alam juga tebing tinggi yang penuh tanaman rambat. Di bagian bawah ada kolam kecil yang cocok jadi tempat bermain air anak-anak.

Sebelum sampai di sini, Anda akan menyeberangi sungai dengan fasilitas jembatan bambu. Trekkingnya memang cukup panjang dan berliku. Meski begitu, usaha tersebut worth it bila melihat keindahan yang tersaji.

Asal Muasal Nama Leke-Leke

Seperti tempat wisata lainnya, nama Leke-Leke sendiri memiliki sejarah atau asal-usul. Sebutan tersebut tidak terlepas dari akses jalan menuju air terjun. Orang Bali mengartikan Leke-Leke sebagai gambaran mengenai lokasi yang cukup sulit untuk ditempuh.

Pasalnya sebelum menjadi obyek wisata seperti sekarang, air terjun ini memang punya akses sulit. Lokasinya yang tersembunyi berada di tengah hutan rimbun. Itulah kenapa, Leke-Leke punya keindahan alami, kawasannya seperti hidden gem.

Di sisi lain, masyarakat sekitar juga menyebutnya sebagai Kipuan Kebo. Dalam bahasa Bali artinya adalah tempat berkubangnya atau tempat mandi kerbau. Sebab, di sini memiliki cekungan kolam yang mirip sekali dengan kubangan hewan ternak tersebut.

Hal Menarik di Leke-Leke Waterfall

Saat ini, Leke-Leke menjadi obyek wisata alam yang layak dikunjungi terlepas dari sulitnya trekking menuju aor terjun. Banyak hal menarik yang membuat Anda betah berlama-lama di lokasi. Apalagi dengan adanya spot foto instagenik untuk upload media sosial.

Spot Foto Keren

Meski termasuk wisata alam yang sulit diakses, air terjun Leke-Leke punya spot foto yang instagramable. Dekat dengan lokasi tersebut, Anda akan menemukan area keren untuk mengambil gambar.

Mulai dari rangkaian ranting pohon dengan bentuk melingkar, ayunan, juga tempat bersantai lainnya. Pengunjung bisa duduk di atas ayunan sambil menikmati suguhan alam berupa hutan hijau dan udara yang sejuk.

Area Trekking Seru

Jalur menuju Leke-Leke Waterfall memang cukup panjang dan berliku. Pengunjung harus melewati jalanan menurun yang cukup terjal. Supaya tetap nyaman, sebaiknya Anda menggunakan sandal gunung.

Jalan setapak berliku dan panjang. Di sekeliling hanya terdapat pepohonan hijau yang rindang. Setelah melewati jembatan bambu, air terjun Leke-Leke makin dekat. Meski melelahkan, semua akan terbayar saat menyaksikan indahnya aliran air yang jatuh dari ketinggian.

Harga Tiket Masuk Menuju Air Terjun Leke-Leke

Untuk bisa memasuki area air terjun juga spot foto unik, pengunjung harus membayar sebesar Rp 25.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan mereka yang dari luar negeri biayanya adalah Rp 50.000. dengan begitu Anda bisa masuk, eksplor segala tempat.

Sumber air Leke-Leke mengalir dari puncak bukit. Suasana alam yang tenang nan asri, gemericik air dari ketinggian memberikan kesan tersendiri. Bahkan tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Tempatnya sejuk sebab jauh dari perkotaan sehingga minim polusi.

Anda bisa bermain air di kolamnya yang begitu jernih. Cocok sekali menjadi tempat relaksasi diri dari berbagai kesibukan.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Leke-Leke

Leke-Leke terletak di Jl. Swadaya, Antapan, Baturiti, Tabanan, Bali. Apabila Anda mengambil rute dari arah Kuta, butuh sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai di air terjun tersebut. Sedangkan untuk jarak tempuhnya sendiri sekitar 50,1 km.

Meski terletak di tengah hutan, obyek wisata ini punya fasilitas cukup lengkap. Sudah tersedia toilet, tempat parkir, juga tempat istirahat yang terbuat dari bambu. Ada pula lokasi khusus untuk foto pre-wed seperti Venue.

Setelah puas berkeliling dan berkegiatan di sekitar air terjun. Anda bisa bersantap makanan khas Bali di cafe yang dekat dengan pintu masuk.

Itulah beberapa hal mengenai Leke-Leke Waterfall di Bali. Tempat epik berupa air terjun setinggi 39 m yang ada di perbukitan.

 

 

Posting Komentar