Notifications

Kebun Raya Cibodas; Keindahan Alam Membahana

Kebun Raya Cibodas terletak diantara hutan Gung Gede dan Gunung Pangrango. Cocok sekali jadi destinasi liburan keluarga. Selain wisata, juga sarana edukasi mengenai berbagai tanaman di Indonesia. Panorama alam sekitar juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kebun Raya Cibodas; Keindahan Alam Membahana

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Sebelum berlibur kebun raya ini, kenali dulu bagaimana tempat ini terkenal sampai sekarang. Sebenarnya kawasan tersebut sudah ada sejak 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijismann. Sebenarnya area ini dulunya menjadi lokasi untuk melestarikan tanaman luar negeri.

Tidak heran setiap tanaman di sini memiliki nilai jual tinggi. Sebut saja salah satunya yaitu pohon Kina. Lambat laun, kebun raya tersebut lebih terkenal dengan nama Kebun Raya Bogor. Di mana menjadi nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Kebun ini memang punya panorama alam indah dan sejuk. Bagaimana tidak tempatnya berada di ketinggian 1425 mdpl. Luas kebunnya sendiri mencapai 85 ha. Di sisi kiri dan kanan, nampak pemandangan hutan yang asri. Cocok sekali jadi destinasi wisata sekaligus edukasi bersama keluarga.

Apa Saja di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas ini memang terbagi dalam beberapa area. Setiap kawasan punya konsep masing-masing. Dengan hawa yang sejuk, pengunjung pasti betah berlama-lama di tempat ini. Ini dia kegiatan seru di kebun raya.

Berkunjung ke Taman Bunga Sakura

Bunga sakura memang identik dengan negara Jepang. Meski belum bisa ke Jepang langsung, Anda bisa mendapatkan suasana musim semi di kebun raya ini. Di kawasan ini jajaran bunga sakura tumbuh subur. Berjalan santai menikmati pemandangan tidak pernah semenyenangkan ini.

Faktanya, sakura hanya bisa tumbuh di negara empat musim. Namun di kebun raya ini, tanaman tersebut dapat tumbuh subur dan begitu indah. Di awal pelestariannya, ada sekitar 300 jenis pohon sakura. Namun kini hanya tinggal 7 jenis saja di sini.

Air Terjun Cibeureum

Identik dengan pemandangan taman dan pepohonan, di kebun raya juga terdapat obyek wisata air terjun. Pengunjung harus melewati jalan berbatu untuk sampai ke curug ini. Air terjunnya cukup tinggi dengan batuan tebing di sekelilingnya.

Posisi air terjun ini berada di ketinggian 1675 dengan tinggi mencapai 50 m. Saat musim penghujan debit airnya akan menjadi sangat deras. Ketika melakukan perjalanan ke curug ini, Anda akan berpapasan dengan pohon batu yang berlumur 150 tahun yaitu Arauvaria Avenue.

Taman Lumut

Jika sebelumnya Anda hanya melihat lumut hanyalah tanaman yang menumpang pada bebatuan dan tidak menarik. Maka di kebun Raya Cibodas pengunjung bisa melihat sekitar 235 jenis lumut yang unik.

Kawasan ini memang khusus untuk pelestarian tanaman lumut. Selain itu ada juga yang dibiarkan tumbuh bebas di beberapa tempat.

Mengikuti Pendidikan Lingkungan

Selain berwisata, jangan sampai terlupa untuk menambah ilmu dengan mengikuti pendidikan lingkungan. Wisata edukasi ini cocok sekali untuk mereka yang ingin lebih mengenal lingkungan terutama seputar tanaman dan bunga.

Tersedia dua kategori kegiatan yaitu Wisata Flora dan Pemanduan. Teruntuk anak-anak usia SD sampai SMA bisa pilih paket wisata flora. Sedangkan untuk pengunjung umum bisa ikut program pemanduan. Pastikan sudah reservasi sebelumnya.

Bentang Alam Indah

Sebuah kata-kata rasanya tidak akan sanggup untuk mendefinisikan betapa indahnya kebun raya ini. Bentang alam yang luas juga area yang begitu alami memberi kesan tersendiri. Bahkan ada beberapa spot yang belum tersentuh modernisasi.

Itulah kenapa, wisata ini kerap menjadi lokasi shooting film maupun sinetron. Suasanya sejuk dan tentunya tidak perlu berdesakan meski sedang hari libur sekalipun.

Mengunjungi Rumah Kaca

Rumah Kaca adalah rumah bagi berbagai jenis tanaman hias yang dibudidayakan di Kebun Raya Cibodas. Pengunjung akan begitu terpukau dengan banyaknya keanekaragaman hayati di tempat ini. Bangunan ini memang full terbuat dari kaca bening, sehingga terlihat jelas dari luar area.

Bangunannya begitu kekinian dengan ragam tanaman hias. Tuk spot foto sempurna. Pastikan sudah menyiapkan kamera dan pose terbaik saat berada di sini.

Itulah ulasan mengenai Kebun Raya Cibodas. Mulai dari sejarah hingga kegiatan seru saat berkunjung ke sini. Tidak hanya wisata, Anda bisa mengajak keluarga untuk lebih mengenal lingkungan.

 

Posting Komentar