Notifications

Kebun Raya Bogor, Taman Terbesar di Asia Tenggara

Mencari destinasi liburan yang tak jauh dari ibu kota? Kebun Raya Bogor bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak hanya pemandangan indah, udaranya juga sejuk. Cocok jadi tempat refresh dari segala kesibukan. Ini dia berbagai informasi mengenai Botanical Garden of Indonesia.

Kebun Raya Bogor, Taman Terbesar di Asia Tenggara

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang satu ini merupakan kebun raya terbesar serta tertua yang ada di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, wisata ini berada di tanah seluas 87 ha. Di tempat tersebut terdapat 15.000 jenis koleksi pohon yang tentunya membuat suasana makin asri.

Bahkan, pengunjung bisa melihat wujud dari Bunga Bangkai atau Amorphophallus Titanum. Sebenarnya tempat ini dulunya hanya sebagai lokasi percobaan penanaman berbagai jenis tanaman. Nantinya tumbuhan tersebut akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Obyek wisata yang juga menjadi tempat konservasi tumbuhan ini, kini menjadi wadah para ilmuan dalam bidang botani. Aktivitas tersebut salah satunya adalah upaya pelestarian tumbuhan secara ex-situ.

5 Pilar Kebun Raya Bogor

Sebagai tempat wisata recommended untuk keluarga, obyek yang satu ini punya 5 pilar yang menjadi pedoman. Pertama adalah sebagai tempat konservasi tumbuhan, terutama yang sudah terancam punah. Kedua, menyajikan edukasi, sehingga setiap pengunjung dapat belajar mengenai alam botani.

Ketiga, tempat penelitian. Di mana para ilmuwan diberi wadah mengembangkan berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman. Keempat, sebagai tempat wisata. Sebab menyuguhkan pemandangan alam indah.

Lalu yang kelima adalah jasa lingkungan. Di mana kebun raya ini berusaha melakukan pemulihan terhadap lahan-lahan yang terdegradasi. Di Kebun Raya pengunjung bisa menemukan berbagai jenis anggrek, bunga kuku macan, dan lainnya.

Apa Saja di Kebun Raya Bogor

Menjadi taman raya terbesar se Asia Tenggara, wisatawan akan menemukan beragam spot juga kegiatan menarik di sana. Kebun Raya Bogor memang terbagi dalam beberapa area. Tentunya dengan konsep masing-masing.

Taman Teijsman

Nah, dalam catatan sejarahnya. Taman yang satu ini sengaja dibangun untuk menghargai Johannes Elias Teijsman. Di mana hal itu dilakukan oleh Dr. Melcior Treub pada tahun 1884. Oleh sebab itu, di bagian tengah taman pengunjung bisa menemukan tugu yang berdiri tegak.

Taman Obat

Perlu Anda ketahui, kebun raya bukan hanya tempat konservasi tanaman hias saja. Di sini juga ada berbagai jenis tanaman obat yang dibudidayakan. Selain itu, setiap tumbuhan juga memiliki papan informasi. Oleh karenanya pengunjung bisa tahun nama dan kegunaan dari tumbuhan tersebut.

Restoran di Kebun Raya

Bukan hanya menyuguhkan pemandangan alam pepohonan yang asri. Obyek wisata ini juga lengkap dengan restoran bernama Raasaa – Resto Kebun Raya. Mengusung tema indoor dan outdoor sekaligus, tempat ini punya konsep menarik.

Otomatis, pengunjung yang bersantap di resto tersebut dapat menikmati pemandangan alam hijau di depan mata. Menu makanannya pun menggugah selera. Apalagi jika perut sedang kelaparan karena kelamaan berkeliling.

Tour De Kebun Raya

Selain melihat keindahan tanaman di tempat konservasi terbesar. Pengunjung bisa melakukan Tour De Kebun Raya yang akan didampingi langsung oleh tour guide. Anda akan mengenal berbagai macam area di sana, lengkap dengan sejarah yang melatarbelakanginya.

Trip ini maksimal terisi oleh 10 orang dengan beberapa paket tujuan. Antara lain Historical Site (09.00 – 10.00), Interesting Collection ( 10.00 – 11.00), dan Eco Tree (14.00 – 15.00). Biayanya di luar tiket masuk yaitu Rp 50.000 per orang.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya

Bagi Anda yang ingin liburan sekaligus belajar mengenai berbagai macam tanaman. Bisa langsung datang ke Kebun Raya yang beralamatkan di Jl. ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Saat hari biasa, obyek wisata ini buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00. harga tiketnya Rp 16.500. Sedangkan saat weekend atau hari libur, beroperasi pada pukul 07.00 – 16.00 WIB. Untuk tiket masuknya sebesar Rp 26.500.

Dengan harga tersebut Anda bisa menikmati setiap sudut kebun raya. Jika ingin merasakan pengalaman berbeda, pengunjung dapat menyewa kendaraan untuk berkeliling. Seperti shuttle bus, sepeda, golf car, dan sepeda gunung.

Itulah berbagai hal yang akan Anda temui di Kebun Raya Bogor. Tempat wisata dengan pemandangan alam indah. Juga sebagai wisata edukasi berbagai jenis tanaman beserta sejarahnya.

 

 

Posting Komentar