Notifications

Kawah Putih Ciwidey; Danau yang Bisa Berubah Warna

Kawah Putih Ciwidey merupakan obyek wisata terkenal yang berada di Bandung. Tempatnya dikelilingi oleh perkebunan teh yang memberikan suasana asri nan tenang. Cocok sekali jadi destinasi liburan untuk menyegarkan pikiran.

Kawah Putih Ciwidey; Danau yang Bisa Berubah Warna

Kawah Putih Ciwidey

Perkenalkan obyek wisata utama di Bandung selatan yaitu Kawah Putih. Seperti namanya, tempat ini memang lain dari yang lain. Tanah di kawasan ini memang berwarna putih. Penyebabnya adalah adanya campuran unsur belerang.

Hal itu pula yang membuat air danau di kawasan ini ikut berwarna putih kehijauan. Menariknya lagi, permukaan bisa berubah warna tergantung suhu, cuaca, dan kadar belerang di dalamnya. Letaknya sendiri berada di ketinggian 2400 mdpl.

Otomatis, suasana di sini begitu sejuk dan asri. Bahkan suhunya bisa mencapai 8 derajat Celcius. Di sekitar kawah juga terdapat hutan cantigi. Lengkap dengan fasilitas menarik berupa Skywalk Cantigi. Tempat ini juga punya sejarah menarik, loh.

Sejarah Kawah Putih

Terbentuknya kawah putih di Bandung bermula dari letusan Gunung Patuha pada abad ke 10. Sejak saat itu masyarakat sekitar menganggap bahwa area yang terkena letusan menjadi angker. Pasalnya banyak burung yang mati saat melintasinya.

Namun kepercayaan tersebut memudar dengan sendirinya. Tidak sampai di situ, karena anggapan tersebut, seorang ahli botani Dr. Franz Wilhelm melakukan penelitian pada tahun 1837. Ia begitu tertarik dengan kawasan yang begitu dihindari dan terkesan sunyi sebab tidak ada burung terbang di atasnya.

Karena tidak percaya dengan mitos penduduk, peneliti tersebut pergi ke puncak gunung. Saat itulah ia melihat danau yang indah berwarna putih dengan bau belerang yang kuat. Karena mitos yang terpatahkan, area tersebut menjadi terkenal.

Ada Apa di Kawah Putih?

Menjadi salah satu wisata potensial di Bandung. Danau yang unik ternyata punya berbagai hal menarik. Bukan hanya soal pemandangan air kehijauan yang dapat berubah warna. Tapi juga beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Kendaraan Ontang Anting

Nama ontang anting sendiri sepertinya sebuah julukan untuk kendaraan yang harus mondar-mandir menjemput pengunjung dari lokasi parkir. Pasalnya, bagi pengendara motor maupun mobil harus parkir di bawah.

Sedangkan untuk naik menuju kawasan kawah putih, Anda harus naik angkutan khusus. Kendaraan ini memang khusus untuk mengangkut pengunjung di area parkir bawah. Bagi pembawa mobil bisa langsung naik ke atas namun biaya masuknya lebih mahal.

Dermaga dan Jembatan Apung

Jika melihat sekeliling kawah, pemandangan memang begitu otentik. Pengunjung bisa melihat pepohonan hijau di atas tebing tinggi. Perlu Anda ketahui, Kawah Putih ini bukan wisata yang dapat Anda rasakan kesegaran airnya.

Namun supaya pengunjung bisa lebih dekat dengan area kawah. Ada jembatan sekaligus dermaga yang menjorok ke tengah. Tempat inilah yang biasanya jadi spot foto favorit wisatawan. Saat cuaca cerah, pemandangan akan jadi lebih indah.

Pemandian Air Panas

Meski tidak dapat secara langsung merasakan air di kawah tersebut. Ada beberapa tempat pemandian air panas yang cocok untuk merilekskan tubuh. Istimewanya, air panas tersebut berasal dari panas bumi.

Di mana terdapat kandungan belerang di dalamnya yang baik untuk kesehatan kulit. Setelah puas berendam, liburan bisa dilanjutkan dengan wisata kuliner. Ada beberapa makanan khas Bandung di sekitar obyek wisata ini. Seperti bajigur, wedang, bandrek, dan lain-lain.

Jalan Menanjak di Skywalk Cantigi

Ada spot yang jangan sampai terlewatkan saat ke kawah ini yaitu Skywalk Cantigi. Spot yang satu ini merupakan tangga bambu yang berada dalam hutan cantigi. Inilah jalanan menanjak dengan pemandangan hutan di sekitar kawah.

Di bagian ujung Skywalk, Anda akan sampai di ketinggian 3 meter di atas tanah. Konsepnya sungguh unik dan mudah untuk dilewati. Beberapa batang pohon cantigi pun bebas melintang di area tangga.

Panjangnya sekitar 400 m, pada beberapa bagian terdapat menara pandang untuk melihat area danau. Meski trekkingnya mudah, pengunjung tetap harus hati-hati sebab di setiap hanya ada pegangan berupa tali saja. Untuk masuk ke Skywalk Cantigi pengunjung harus bayar Rp 10.000.

Itulah ulasan mengenai Kawah Putih Ciwidey dengan berbagai keunikannya. Pastikan tetap berhati-hati saat berkunjung kesana. Sebab area kawah memang cukup berbahaya.

 

Posting Komentar