Notifications

Curug Leuwi Asih, Curug dengan Duduk Bebatuan

Curug Leuwi Asih merupakan wisata alam yang ada di Bogor. Udaranya masih sangat sejuk dan cukup populer di kalangan wisatawan. Tempat yang satu ini terkenal akan sungai dan kolamnya. Lokasinya jauh dari perkotaan, sehingga dapat memberikan suasana tenang.

Curug Leuwi Asih, Curug dengan Duduk Bebatuan

Curug Leuwi Asih Bogor

Curug bisa juga disebut dengan air terjun yang mengalir dari tebing tinggi. Di bagian bawah pengunjung bisa melihat kolam atau bahkan berendam ke dalamnya. Sebagai salah satu lokasi wisata Bogor, Curug Leuwi Asih menawarkan pemandangan alam terbuka yang memukau.

Cocok sekali untuk mereka yang suka petualangan dan wisata alam. Tentunya didukung dengan berbagai aktivitas menarik saat berkunjung. Curug Leuwi Asih tidak hanya indah dengan pemandangan air terjunnya, tapi juga medan jalur menuju lokasi yang ekstrim.

Kendati demikian, di sepanjang perjalanan menuju curug. Anda akan melihat keanekaragaman hayati di desa tersebut. Alih-alih bosan, pengunjung lebih ke arah terkesan dengan suasana tenang di sana. Walau harus rela berjalan 3 km jauhnya.

Area Trekking Menantang

Salah satu hal menarik agar sampai di lokasi curug adalah rute yang dilalui. Sebenarnya, obyek wisata ini punya dua pintu masuk. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak sebaiknya masuk melalui gerbang biasa. Hanya butuh waktu menit berjalan kaki agar sampai di lokasi.

Sedangkan rute kedua harus melalui jalan memutari perbukitan. Para petualang biasanya lebih memilih area trekking cukup ekstrim tersebut. Selama perjalanan, pengunjung harus lewati medan yang tidak stabil. Mulai dari naik turun bukit hingga hutan bambu.

Jalannya pun masih berupa tanah. Sampai di kawasan luar perbukitan, pengunjung akan menyaksikan hamparan sawah penduduk. Selanjutnya adalah mengambil rute melewati pematang sawah dengan pemandangan perbukitan.

Tempat Istirahat Bagi Petualang

Ketika Anda berhasil di ujung pematang, rute menuruni sungai pun dimulai. Di sini pengunjung dapat menemukan air terjun mini karena perbedaan ketinggian aliran sungai. Namun, tempat itu bukanlah Leuwi Asih. Sebab di sinilah lokasi peristirahatan yang recommended.

Rendamlah kaki di air sungai yang segar dan jernih. Bisa juga menjadi area berenang setelah melalui jalur cukup melelahkan. Setelah berpuas diri, pengunjung akan melewati pematang kembali. Terus sampai menemukan lapangan kecil di ujung jalan.

Tidak jauh dari area tersebut terdapat sungai yang merupakan alur dari aliran air di curug. Sebenarnya, wisata ini tidak seperti air terjun lain yang mengalir menuruni tebing. Namun lebih ke perbedaan tinggi sungai yang juga terhalang batuan.

Hal-hal Menarik di Curug Leuwi Asih

Sebagi salah satu obyek wisata andalan di Bogor, Curug Leuwi Asih punya daya tarik yang berhasil membuat pengunjung terpukau. Selain medan jalannya yang naik turun dan pemandangan indah. Ini dia hal menarik di sana.

  1. Punya 2 Curug yang Terhubung

Jika berbicara mengenai curug, pasti yang terbayang adalah air mengalir dari tebing tinggi. Berbeda dengan itu, Leuwi Asih terbentuk karena aliran sungai yang memecah bebatuan. Kendati demikian, pesonanya tetap tidak dapat diabaikan.

Selain itu ada juga aliran lain yang membentuk penampakan seperti curug. Kebanyakan pengunjung baru salah sangka dan menganggap air terjun tersebut sebagai Leuwi Asih. Padahal mamanya adalah Curug Handeuleum.

  1. Punya Sarana Penginapan

Perlu Anda ketahui bahwa obyek wisata Leuwi Asih punya fasilitas berupa vila atau penginapan. Hal spesial di sini tentu langsung berhadapan dengan pemandangan alam indah khas Kota Hujan. Saat membuka jendela, rasakan sejuknya udara di pagi hari.

Udara di sini cukup dingin, sehingga pastikan Anda membawa pakaian hangat. Jika pagi hari, embun masih menyelimuti area sekitar. Perpaduan dari alam inilah yang menjadi daya tarik dari Bungalow tersebut.

  1. Bermain diantara Bebatuan

Relaksasi di alam terbuka memang tiada dua. Hal itu juga menjadi sarana syukur kepada Allah atas adanya pemandangan yang indah tersebut. Air di curug ini begitu jernih sehingga nampak dasar kolam dari permukaan.

Sepertinya kurang afdhol jika tidak bermain air di lokasi. Anak-anak pun pasti suka dengan aktivitas tersebut.

Itulah berbagai hal mengenai Curug Leuwi Asih yang ada di Kota Bogor. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di lokasi sebagai kenang-kenangan.

 

Posting Komentar