Notifications

Aling-Aling Waterfall, Air Terjun Tersembunyi di Bali

Aling-Aling Waterfall, Air Terjun Tersembunyi di Bali

Bali memang gudangnya wisata pantai dengan panorama alam indah. Di samping itu, wilayah ini juga punya sederet air terjun, salah satunya adalah Aling-Aling Waterfall yang berada di Buleleng. Berlokasi di area perbukitan, air terjun tersebut dibalut suasana asri nan sejuk.

Aling-Aling Waterfall

Buleleng sendiri masih dalam area perbukitan sehingga punya udara yang sejuk. Selain itu pepohonan juga rindang. Tempat wisata alam berupa air terjun dengan sejuta pesona. Pengunjung harus rela menjajaki jalanan hutan untuk sampai di spot tersebut.

Dari lokasi parkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki sejauh 2 km menelusuri hutan belantara. Di sepanjang japan, pengunjung akan disuguhkan kenampakan alam Bali yang begitu menyegarkan mata. Seperti hamparan sawah, pohon yang menghijau, juga hewan-hewan penghuni hutan.

Debit airnya cukup deras berkumpul menjadi satu aliran. Fenomena lainnya terbentuk ketika musim kemarau. Di mana, air terjun Aling-Aling akan terbelah menjadi dua, sebab batu besar di tengahnya. Pengunjung seperti melihat air terjun kembar yang seiringan.

Hal Menarik di Air Terjun Aling-Aling

Menjadi wisata alam mempesona di Bali dengan air terjun setinggi 35 meter. Aling-Aling punya daya tarik tersendiri sehingga mampu memikat wisatawan. Bukan hanya sekedar menikmati pemandangan, ini dia rangkaian kegiatan menarik di Aling-Aling Waterfall.

Mencoba Cliff Jump

Perlu Anda ketahui, Aling-Aling sendiri dikelilingi oleh tebing tinggi. Di mana tebing tersebut biasa menjadi titik utama melakukan atraksi ekstrim. Terutama perenang profesional yang tidak ragu mencoba cliff jump. Di mana mereka melompat dari tebing langsung menuju kolam.

Aling-Aling punya kolam yang cukup dalam sehingga aman untuk melakukan kegiatan memacu adrenalin tersebut. Selain itu tidak banyak batuan yang membahayakan pengunjung. Namun pastikan Anda bisa berenang dan sudah terbiasa melakukan lompatan dari tempat tinggi.

Seluncuran di Air Terjun

Jika biasanya Anda melakukan seluncur air di area Waterboom. Maka kini saatnya mencoba perosotan langsung di air terjun setinggi 35 meter. Layaknya sebuah perosotan buatan, pengunjung akan berdiri di puncak Aling-Aling. Lalu meluncur mengikuti aliran air.

Kegiatan ini tentu jadi pengalaman menegangkan sekaligus menyenangkan. Pasalnya tidak semua wisata air terjun memfasilitasi olahraga tersebut. Anda juga akan memakai pelampung guna melindungi punggung dari gesekan batuan tebing.

Berenang di Kolam

Dengan ketinggian 35 meter, air terjun Aling-Aling memang punya debit air cukup deras. Itulah kenapa lebih aman untuk berseluncur mengikuti arus dari pada berada di bawahnya secara langsung. Puluhan meter ketinghian bisa ditempuh dalam beberapa detik saja.

Air kolamnya sedalam 4 meter, sehingga bisa jadi lokasi berenang. Lengkap dengan pemandangan alam khas perbukitan. Saat terkena sinar matahari, warna airnya berubah menjadi biru kehijauan.

Suasana Asri

Di samping melakukan berbagai aktivitas menarik di atas, jangan sampai melewatkan pemandangan alam yang begitu asri. Tebing-tebing tinggi di sekelilingnya telah penuh dengan tumbuhan rambat. Tidak jauh dari kolam, ada cekungan kecil yang membawa aliran ke sungai-sungai di sekitarnya.

Pengunjung juga bisa bermain air di cekungan tersebut. Airnya tidak sedalam kolam. Selain itu juga terdapat banyak bebatuan. Cocok untuk suasana santai menikmati pemandangan. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

Alamat dan Rute Menuju Aling-Aling Waterfall

Air terjun Aling-Aling terletak di Desa Sambangan, Sukasada, Buleleng, Bali. Jalan menuju obyek wisata tersebut cenderung mudah dilewati. Apabila Anda mengambil rute dari Denpasar. Ambil arah ke Singaraja samai menuju Terminal Sukasada.

Butuh waktu sekitar 2 jam dengan jarak 80 km untuk sampai di Desa Sambangan. Selanjutnya pengunjung bisa melihat papan penunjuk jalan menuju lokasi. Dari arah tersebut sekitar 2 km lagi akan sampai di pintu masuk.

Untuk harga tiketnya sendiri cukup terjangkau. Hanya perlu membayar Rp 10.000 pengunjung bisa eksplor setiap sudut. Jika sudah berpuas diri menjelajah, Anda bisa melipir sejenak ke tempat makan yang lokasinya tidak jaun dari air terjun. Ada pula penginapan terdekat.

Itulah ulasan tentang Aling-Aling Waterfall, yang punya segudang keindahan dengan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari jumping, seluncuran, hingga berenang di kolam sedalam 4 meter.

 

Posting Komentar