Notifications

Air Terjun Kedung Kandang; Air Terjun yang Bertingkat

Air Terjun Kedung Kandang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Tempat wisata alam ini cocok untuk Anda yang mendambakan suasana tenang. Namun baru-baru ini dikabarkan bahwa ada proyek yang kemudian mengikis pesona dari air terjun tersebut.

Air Terjun Kedung Kandang; Air Terjun yang Bertingkat

Air Terjun Kedung Kandang Yogyakarta

Gunungkidul, Yogyakarta memang menyimpan ragam keindahan alam yang menarik untuk dijelajahi. Seperti air Terjun Kedung Kandang yang berada tepat di area persawahan penduduk sehingga pemandangannya masih begitu asri.

Sebenarnya lokasi wisata ini masih satu area dengan Gunung Api Purba. Sebagai informasi obyek wisata alam satu ini terbilang musiman. Pasalnya debit air yang jatuh dari atas tebing mengikuti curah hujan. Apabila musim kemarau, maka air terjun mungkin tidak begitu deras.

Sedangkan saat curah hujan sedang tinggi, debit air naik. Air terjun di Gunungkidul tersebut memiliki bentuk bertingkat atau berundak. Jika ditotal tingginya mencapai 25 meter. Karena letaknya di area persawahan saat berkunjung wisatawan bisa melihat aktivitas penduduk.

Alamat Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Saat liburan tiba hal yang tidak boleh terlewatkan adalah berlibur. Alam merupakan tempat paling tepat untuk menyegarkan pikiran. Seperti di Kedung Kandang yang memang jauh dari perkotaan sehingga suasananya lebih damai.

Bagi Anda yang tertarik bisa langsung menuju ke Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan bisa mencapai 28 km dari pusat kota Jogja. Anda bisa menaiki kendaraan umum maupun pribadi.

Untuk sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 900 m. Mungkin membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan berjalan santai menikmati pemandangan. Rasa lelah akan segera hilang saat Anda sampai di penghujung jalan.

Hal Menarik di Air Terjun Kedung Kandang

Setiap wisata alam pasti punya keunikan tersendiri. Tidak terkecuali Kedung Kandang yang juga memiliki ciri khas sebagai tempat wisata epik. Banyak hal menarik yang akan Anda temui setelah melewati jalur yang cukup jauh dan licin.

  1. 7 Tingkat Aliran

Air terjun yang membelah area persawahan Bendo ini memang unik. Di sekitar kawasan hijau yang berundak, penampakan Kedung Kandang juga tidak beda jauh. Di mana air mengalir melalui batuan vulkanik yang berundak hingga 7 lapisan.

Sebenarnya air terjun tersebut terdiri dari 3 kedung atau kolam. Tentunya dengan nama yang tersemat. Sebutan Kedung Kandang sendiri untuk tingkatan paling bawah air terjun dan paling besar. Di atasnya ada Kedung Temanten yang kemudian dilanjutkan Kedung Keris.

  1. Suasanya Begitu Asri

Seperti informasi sebelumnya bahwa air terjun Kedung Kandang diapit oleh area persawahan penduduk. Otomatis suasana di sana masih begitu asri juga jauh dari jalan raya. Apalagi untuk sampai ke titik air, perlu berjalan kaki beberapa meter.

Di sepanjang setapak tanah, hanya ada ladang hijau sejauh mata memandang. Cocok sekali untuk mereka yang memang ingin merasakan suasana pedesaan. Untuk area parkir sendiri memang masih menumpang di lahan penduduk.

  1. Tempat Foto Keren

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat melakukan kunjungan adalah hunting foto. Nah, cara mengabadikan momen adalah mencari spot terbaik sebagai background gambar ciamik. Datang jauh-jauh dari kota, sempatkan untuk berpose di atas kedung.

Mungkin saat ini Kedung Kandang sudah mengalami perubahan. Namun tetap bisa Anda nikmati pesonanya. Pasalnya ada beberapa proyek jalan yang sedang berproses. Upaya perbaikan sedang diusahakan untuk tetap membuat wisata ini eksis.

Air Terjun Kedung Kandang Terdampak Proyek Jalan

Pada pemberitaan terbaru, di bagian jalan menuju area air terjun, dibangun proyek jalan alternatif dari Gunungkidul menuju Sleman. Hal itu cukup memberikan dampak pada pariwisata di Desa Nglanggeran tersebut.

Kelompok Sadar Wisata sudah mengupayakan untuk mempertahankan keasrian dari obyek wisata ini. Oleh sebab itu, sekarang muda-mudi ini mulai merancang strategi baru untuk mengembangkan lokasi wisata di wilayahnya.

Jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika berkunjung kesini. Meski daya tarik seperti area sawah terasering yang mencerminkan suasana asri sudah hampir hilang. Tetap akan ada destinasi baru tidak kalah menarik.

Itulah ulasan mengenai tempat epik di Gunungkidul yaitu Air Terjun Kedung Kandang. Bagaimana, teratri berkunjung ke obyek wisata tersebut.

 

Posting Komentar