Notifications

6+ Makanan Khas Bali yang Menggoda

Saat berkunjung ke Pulau Dewata, tidak lengkap rasanya jika belum menikmati makanan khas di sana. Ragam kuliner di Bali termasuk daya tarik dari wilayah tersebut. Ini dia daftar makanan khas Bali yang menggoyang lidah.

6+ Makanan Khas Bali yang Menggoda

5+ Makanan Khas Bali

Sampai saat ini, Bali masih menjadi tempat favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bukan hanya soal keindahan pulaunya. Tapi juga budayanya yang masih kental. Di samping itu kulinernya juga juara. Ini dia daftar makanan yang wajib Anda coba saat ke Bali.

Ayam Betutu

Anda pasti tidak asing dengan nama makanan ayam betutu. Boleh jadi kuliner tersebut adalah olahan favorit sata berkunjung ke Bali. Ayam betutu punya rasa yang begitu kaya akan rempah.

Tidak heran rasanya pun otentik, khas masakan Indonesia. Dalam sekali suap, buat lidah bergoyang saking enaknya. Apalagi dengan aroma segar dari daun jeruk, serai dan salam tergabung jadi satu. Jadi, masakan menggugah selera.

Sate Lilit

Jika berbicara tentang Bali, makanan yang tak luput dari perhatian adalah sate lilit. Mungkin di Indonesia sendiri punya berbagai macam olahan sate. Namun sate lilit ini punya cita rasa yang berbeda. Jika biasanya sate menggunakan tusuk dari bambu.

Maka makanan khas Bali ini memakai serai. Jadi, adonan ayam atau ikan yang telah melalui proses penggilingan, selanjutnya diberi parutan kelapa untuk memberikan rasa gurih. Adonan kemudian dikepalkan ke batang serai.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali yang dibungkus menggunakan daun pisang dalam porsi kecil. Sekilas bentuknya mirip dengan nasi kucing. Untuk seporsi nasi, lengkap dengan daging, mie, sambal, dan sambal goreng tempe.

Serombotan

Serombotan sendiri ibarat salad khas Bali yang cocok untuk vegetarian. Pasalnya makanan ini terbuat dari aneka sayuran yang kemudian menerima guyuran bumbu kalas dan sambal. Isiannya antara lain bayam, kacang panjang, buncis, terong bulat, pare, tauge, dan kangkung.

Bumbu kalas khas Bali terbuat dari aneka macam rempah, seperti kunyit, ketumbar, kencur, santan lengkuas, bawang merah dan putih. Selain itu ada pula campuran bumbu kacang yang membuatnya makin nikmat makan bersama nasi hangat.

Nasi Campur Bali

Menu makanan nasi campur Bali ini memang punya berbagai macam lauk. Hidangan tersebut terdiri dari nasi hangat, sambal matah, ayam lawar, sambal embe, sate lilit dan ayam suwir. Selain itu, ada juga sambal goreng tempe serta sayuran sebagai pelengkap.

Semua komponen tersebut sudah tercampur dengan bumbu base genep Bali. Menghadirkan cita rasa yang khas jika dimakan bersamaan. Tekstur serta rasanya begitu menggugah selera. Nasi campur ini juga biasa tersedia di pinggir jalan.

Laklak

Laklak mungkin makanan Bali yang cukup asing. Memiliki bentuk seperti surabi, proses pembuatannya pun menggunakan kendi. Jika sudah matang, laklak punya tekstur yang lembut di dalam. Sedangkan bagian luarnya kering.

Di atas laklak yang sudah matang ada toping kelapa parut dan sirup gula merah. Makanan ringan ini wajib Anda coba saat berkunjung ke Bali. Rasanya lebih enak ketika masih hangat, perpaduan manis dan gurih jadi satu.

Rujak Buleleng

Makanan ini sekilas memang seperti rujak buah pada umumnya. Di mana, buah-buahan segar yang sudah terpotong kecil-kecil akan disiram menggunakan bumbu khas Bali. Rasanya perpaduan antara pedas dan segar dari asam.

Nah, bumbu inilah yang membedakan rujak buleleng dengan rujak buah lainnya. Bumbunya terbuat dari campuran gula aren, cuka, terasi, garam, cane, dan pisang batu. Otomatis saat memakannya pun akan merasakan sepat dari pisang batu tersebut.

Tipat Cantok

Dalam bahasa Bali, Tipat berati ketupat. Sedangkan cantok adalah ulek. Artinya makanan ini merupakan sajian ketupat ulek yang lengkap dengan siraman bumbu istimewa. Ada toping sayuran untuk memberi cita rasa segar saat menyantapnya.

Jadi, ketupat dan sayuran tersebut akan mendapat siraman bumbu kacang. Rasa khas dari terasi dan tauco, serta segarnya perasan jeruk limau adalah kenikmatan tersendiri. Alih-alih menggunakan piring, tipat cantok memakai daun lontar sebagai wadah.

Itulah makanan khas Bali yang harus Anda coba saat berkunjung ke Pulau Dewata. Setelah puas berkeliling, wisata kuliner bisa jadi penutup yang recommended.

 

Posting Komentar