Notifications

4 Destinasi Mendaki Gunung Paling Murah di Indonesia

Apakah Anda berencana untuk melakukan pendakian? Meski mendaki identik dengan hobi yang lumayan menguras uang, namun ternyata terdapat destinasi mendaki gunung paling murah di Indonesia loh.

Dikategorikan murah karena waktu tempuhnya cukup singkat, sehingga dana persiapan logistik tidak sebesar saat mengunjungi gunung dengan trek panjang.

Berikut destinasi mendaki gunung paling murah yang juga cocok dijajal oleh pemula.

4 Destinasi Mendaki Gunung Paling Murah di Indonesia

4 Destinasi Mendaki Gunung Paling Murah dengan Trekking Ringan

Apakah Anda ingin mencoba mendaki gunung? Anda dapat mencoba naik gunung dengan menaklukan gunung dengan trekking mudah sebagai permulaan.

Trekking yang mudah dengan waktu tempuh singkat sangat cocok bagi pemula. Selain itu, dengan durasi perjalanan yang singkat maka biaya logistik menjadi lebih murah sehingga bisa disebut sebagai destinasi mendaki gunung paling murah.

Berikut 4 rekomendasi gunung dengan biaya pendakian paling ekonomis:

Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat

Bagi yang berada di wilayah Jabodetabek ataupun Jawa Barat, Anda dapat mencoba mendaki Gunung Papandayan yang berada di Garut.

Untuk menjelajahi Gunung Papandayan, Anda memerlukan budget sekitar Rp 100,000,- dengan rincian sebagai berikut:

Tiket Masuk: Rp 20,000 (weekdays), Rp 30,000 (weekend)

Biaya Camping: Rp 35,000

Parkir: Rp 12,000 hingga Rp 35,000

Anda bisa nenempuh jalur utama pendakian melalui Cisurupan, Garut, yang biasanya ditempuh dalam waktu sekitar 5-6 jam. 

Anda dapat menikmati indahnya pemandangan kawah belerang pada ketinggian 2,265 mdpl. Selain itu, Andapun akan disambut indahnya padang bunga Edelweis yang luas bernama Tegal Alun, sekaligus melihat hutan mati dengan ranting pepohonan yang sudah mengering.

Gunung Pulosari, Pandeglang, Banten

Tak banyak yang tahu akan keberadaan Gunung Pulosari yang berada di provinsi Banten. Gunung Pulosari memiliki ketinggian 1.346 mdpl dan termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif. 

Untuk menjelajahi Gunung Pulosari Anda cukup menyiapkan uang Rp 10,000,- sebagai retribusi atau tiket masuk. Harga yang cukup murah untuk menikmati keindahan alam gunung aktif di Banten ini.

Adapun estimasi waktu untuk mencapai puncak dari spot pendaftaran adalah sekitar 4-5 jam perjalanan.

Anda dapat menikmati indahnya air terjun yang diberi nama curug putri yang terletak tidak jauh dari basecamp. Jarak antara Curug Putri dan basecamp adalah sekitar 1,5 jam perjalanan.

Setelah menikmati indahnya Curug Putri Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kawah Pulosari yang kerap dijadikan area berkemah bagi para pendaki. Dari Kawah Pulosari Anda dapat memilih jalur trek menuju puncak Pulosari yang menyajikan keindahan alam yang eksotis dengan hawa sejuk.

Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah

Gunung yang berada di Dieng, Jawa Tengah ini sangat cocok untuk pemula. Adapun Gunung Prau merupakan salah satu spot populer untuk mengabadikan golden sunrise.

Adapun tiket masuk untuk pendakian dibanderol dengan harga Rp 30.000 per orang, dengan rincian tiket Perhutani mulai Rp 20.000 dan tiket fasilitas basecamp mulai Rp 10.000. Jika Anda membawa kendaraan, maka Anda harus menyiapkan uang ekstra untuk biaya parkir dengan tarif parkir motor inap mulai Rp 10.000, dan mobil mulai Rp 25.000.

Untuk menikmati puncak Prau, Anda hanya membutuhkan waktu trekking selama 3 jam. Anda dapat menikmati puncak gunung yang luas dengan pemandangan awan cantik dan gagahnya Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu yang berada di sekitar Prau.

Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Nikmati fenomena alam langka blue fire saat berkunjung ke Gunung Ijen. Blue fire satu-datunya di Indonesia ini menjadi daya tarik dari gunung yang memiliki ketinggian 2,443 mdpl ini, selain itu trekking menuju puncak Ijen pun terbilang mudah dan dapat dilalui oleh pemula.

Untuk menikmati fenomena alam blue fire dan indahnya kawah Ijen, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 5,000 – Rp 7,500 untuk tiket masuk menuju kawasan wisata ini.

Perjalanan menuju puncak Ijen terbilang singkat, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 – 4 jam untuk menikmati indahnya kawah Ijen dan fenomena blue fire yang lebih sering terjadi pada saat dini hari menjelang pagi.

Demikian 4 rekomendasi destinasi mendaki gunung paling murah di Indonesia. Anda cukup menyiapkan budget dengan kisaran dari Rp 20,000 untuk menikmati indahnya puncak gunung dengan suguhan pemandangan alam yang apik.

Posting Komentar