Notifications

Pantai Nambung, Pantai dengan Riuh Air Terjun

Lombok memang seakan tiada habisnya menyuguhkan pesona alam bak surga di bumi. Tidak heran wilayah ini jadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara sebagai tempat liburan yang mengesankan. Pantai Nambung Lombok, memiliki deretan keistimewaan yang bikin penasaran.

Pantai Nambung, Pantai dengan Riuh Air Terjun

Pantai Nambung Lombok

Wisata alam yang satu ini juga kerap disebut sebagai Tanjung Jagog. Ombaknya tidak terlalu besar di bagian bibir pantai dengan pemandangan perbukitan yang mempesona. Namun jika ingin sedikit menuju tengah, pengunjung akan mengalami sambutan luar biasa dari ombak yang bergulung-gulung.

Hal itu pula yang membuat obyek wisata tersebut menjadi lokasi untuk berselancar. Ada banyak sekali daya tarik dari pantai ini, seperti batuan karang yang indah. Ketika air laut surut, pengunjung bisa bermain air di area kolam alami yang berada di tengah batu karang.

Di salah satu sisi pantai, banyak sekali perahu nelayan yang berlabuh. Masyarakat pesisir memang kebanyakan bermatapencaharian sebagai pencari ikan di laut. Apalagi, laut yang satu ini dihuni oleh ikan-ikan besar dan ikan monster.

Daya Tarik Pantai Nambung Lombok

Pantai Nambung Lombok memang punya ciri khas yang membuatnya populer di kalangan wisatawan asing. Bahkan ada salah satu spot yang santer dibicarakan sebab jarang sekali terjadi di tempat wisata lain. Penasaran, ini dia hal menarik di Tanjung Jagog.

  1. Kebiasaan Masyarakat Budidaya Rumput Laut

Di poin pertama, pengunjung bisa melihat secara langsung proses budidaya rumput laut yang terawat begitu baik. Pihak pengelola akan mengizinkan pengunjung menyaksikan gerombolan tanaman tersebut dari permukaan.

Nah, kegiatan tersebut bisa jadi sarana edukasi. Di mana Anda bisa belajar bagaimana rumput laut dipanen sampai layak konsumsi. Harapannya pengunjung jadi lebih sadar lingkungan dan tidak melakukan hal merugikan alam.

  1. Pasirnya Punya Tekstur Unik

Hal menarik kedua yaitu tekstur dari pasir di Pantai Nambung. Jika melihat sekilas mungkin Anda mengira pasirnya sama dengan wisata alam pada umumnya. Namun saat menilik lebih detail, butirannya lebih mirip merica. Oleh sebab itu ada pula yang menyebutnya sebagai pasir merica.

Kawasan pantainya cukup landai sehingga bisa menjadi lokasi bermain anak-anak. Meski begitu tetap butuh pengawasan orang tua agar mereka tidak terlalu dekat dengan ombak menuju pantai.

  1. Air Terjun Asin Tanjung Jagog

Ini dia fenomena alam yang tengan santer menjadi pembicaraan khalayak. Yaitu adanya air terjun di laut asin. Umumnya, air terjun mengalir dari tebing tinggi menuju kolam kecil di bawahnya. Namun 9antai ini memang memiliki penampakan air terjun dari bebatuan besar.

Hal itu bisa terjadi karena ombak besar yang menghantam batu karang di tengah laut. Sisa airnya kemudian mengalir di sela-sela batu sehingga terlihat seperti air terjun kecil. Peristiwa ini terjadi hanya pada saat laut pasang. Sebab ketika surut, alirannya tidak terbentuk.

  1. Berselancar Mengikuti Ombak

Pantai Nambung memang terkenal memiliki ombak tinggi dan besar. Itulah kenapa bisa melewati batu karang di tengah laut. Kegiatan yang paling cocok dengan karakteristik ombak tersebut adalah berselancar.

Kondisi medan yang cukup ekstrim, pastikan Anda sudah mahir menggunakan papan selancar. Ada tempat penyewaan alat juga sehingga tidak perlu repot bawa dari rumah. Supaya lebih seru ajak pula kelompok dengan hobi yang sama.

  1. Berenang

Berwisata alam perairan memang kurang afdhol jika tidak terjun merasakan kesegaran air lautnya. Anda bisa berenang atau menyelam dekat dengan area pantai. Di area itu, ombak masih terkendali sehingga aman untuk berenang atau menyelam.

Seperti penjelasan sebelumnya, ombaknya memang kurang aman untuk pemula. Khawatirnya bisa terseret arus jika terlalu ke tengah. Pengunjung anak-anak yang bukan dari daerah pesisir sebaiknya menjauh dari lautnya.

Alamat Menuju Pantai Nambung

Pantai Nambung terletak di Jalan Raya Sekotong, Buwun Emas, Lombok Barat. Apabila mengambil rute dari Kota Mataram, membutuhkan waktu hingga 2 jam perjalanan. Di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan destinasi wisata lain yang tidak kalah memukau.

Saat menuju Teluk Sapi, medan jalan mungkin cukup menyulitkan. Pasalnya jalurnya masih berupa tanah yang tidak rata.

Pantai Nambung Lombok Barat punya segudang pesona yang berhasil mencuri hati wisatawan. Meski harus menempuh perjalanan jauh, terbayar sudah ketika sampai di lokasi.

 

Posting Komentar