Notifications

Bukit Pergasingan, Pemandangan Negeri di Atas Awan

Lombok merupakan wilayah Nusa Tenggara Barat yang kaya akan destinasi wisata alam. Baik pantai maupun perbukitan semua ada disana. Perkenalkan salah satu wisata populer di Lombok Bukit Pergasingan yang kini tengah naik daun.

Bukit Pergasingan, Pemandangan Negeri di Atas Awan

Daya Tarik Bukit Pergasingan

Pergasingan terletak di Sembalun, wisata ini oop6uler akan keindahan alamnya yang mempesona. Ketika berkunjung ke Lombok, sepertinya kurang lengkap jika tidak datang kesini. Penasaran, ini dia hak menarik yang pasti Anda temukan saat ke Pergasingan.

  1. Pemandangannya Bikin Candu

Lombok memang terkenal memiliki alam yang indah. Tidak heran, wilayah ini jadi spot wisata favorit bagi turis mancanegara. Bukit Pergasingan merupakan bukit yang terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah pemandangannya yang bikin candu.

Sejauh mata memandang, hanya terlihat gugusan bukit yang penuh pepohonan hijau. Saksikan landscape alam Sembalun dari ketinggian. Pergasingan sendiri masih satu kawasan dengan Gn. Rinjani yang memang masyhur.

  1. Hamparan daratan yang Menghijau

Dari atas bukit tersebut pengunjung bisa melihat hamparan sawah penduduk yang luas. Tidak lupa pegunungan yang berjejer. Udaranya sangat sejuk sebab jauh dari kungkungan perkotaan. Menyaksikan Maha Karya Tuhan seindah itu, tentu yang bisa terucap hanya rasa syukur.

Langit pun mendukung dengan cuaca cerah. Pemandangan seperti ini seolah memberikan kesadaran bahwa manusia hanya makhluk kecil yang tidak lebih besar dari alam itu sendiri. Sudah sepatutnya hal seperti ini dijaga supaya lestari.

  1. Negeri di Atas Awan

Apabila Anda menaiki Bukit Pergasingan maka di situlah titik 1670 meter di atas permukaan laut. Apabila cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menyaksikan arak-arakan awan daru atas bukit. Tentunya Anda bisa melihat lebih dekat fenomena alam tersebut.

Benar-benar perwujudan dari negeri di atas awan. Awan di atas puncak seolah berubah menjadi gumpalan kapas yang lembut. Terhampar di udara dengan begitu menawan. Lengkap pula dengan gagahnya pegunungan di depan mata.

  1. Aksesnya Mudah

Perlu Anda ketahui, Pergasingan sendiri menjadi salah satu jalur pendakian menuju Gunung Rinjani. Tidak sulit untuk menemukan tempat indah tersebut. Apalagi medan jalannya juga mudah sehingga banyak dipilih para pendaki.

Ketika Anda sampai di area penginapan Sembalun. Perjalanan lanjut dengan berjalan kaki maniki 70 anak tangga untuk mencapai spot pemberhentian pertama. Setelah beristirahat, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan tetap berhati-hati.

  1. Spot Foto Epik

Ketika berkunjung ke suatu tempat baru apalagi punya pemandangan yang mempesona, berfoto adalah hal wajib. Kaum millenial pasti suka dengan aktivitas tersebut. Berpose di atas puncak Pergasingan dengan latar jajaran pegunungan menghasilkan foto epik nan instagramable.

Bisa jadi kenang-kenangan yang akan terus teringat sampai kapanpun. Hampir setiap sudut bukit bisa menjadi spot foto yang ciamik. Eksotisnya Gunung Rinjani, area ladang penduduk, awan yang bergerombol, juga pepohonan tinggi adalah background dari alam.

  1. Suasana Menenangkan

Saat hari lubur panjang tiba, hal yang pastinya menjadi agenda adalah berlibur ke tempat yang bukan hanya menyenangkan tapi juga menenangkan. Terutama mereka yang terbiasa bekerja dengan rutinitas itu-itu saja. Refresh pikiran dan jiwa di puncak Pergasingan.

Udaranya begitu bersih dan segar sebab penuh dengan pepohonan hijau. Selain itu lokasinya juga jauh dari keramaian.

Rute Menuju Bukit Pergasingan

Bagi Anda yang ingin berkunjung langsung ke puncak Pergasingan bisa langsung menuju Desa Sembalun Lawang, Sembalun, Lombok, NTB. Jika mengambil rute dari pusat Kota Mataram memang jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 4 – 5 jam perjalanan.

Naik kendaraan umum bisa mulai dari Kota Mataram turun di Terminal Mandalika. Selanjutnya perjalanan beralih menggunakan elf turun pasar Aikmel lalu naik mobil sampai di Sembalun. Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar mengenai area pertama pendakian.

Bukit yang satu ini bisa jadi alternatif pendakian saat Gn. Rinjani tutup. Meski punya jalur tempuh yang cukup mudah, perlu waktu 3 jam untuk sampai di puncaknya. Mungkin akan terasa sangat melelahkan bagi yang pertama kali naik gunung. Namun percayalah perjalanan tidak akan sia-sia.

Itulah ulasan mengenai Bukit Pergasingan Lombok yang menyuguhkan pemandangan negeri atas awan. Jajaran gunung, lembah, juga pemukiman penduduk nampak begitu indah dari puncaknya.

 

Posting Komentar