Notifications

Air Terjun Tiu Kelep; Air Terjun Gagah

Air Terjun Tiu Kelep merupakan obyek wisata alam yang dekat dengan kawasan Gn, Rinjani. Aliran airnya cukup deras dengan kolam dalam di bagian bawahnya. Air yang jatuh dari ketinggian melewati tembok besar jadi pemandangan yang eksotis.

Air Terjun Tiu Kelep; Air Terjun Gagah

Air Terjun Tiu Kelep

Jika Anda ingin melihat langsung betapa indahnya alam di Tiu Kelep, nyatanya perlu tenaga ekstra. Bagaimana tidak, pengunjung harus menaiki sejumlah anak tangga, melewati saluran irigasi jalan setapak juga sungai. Nah, sungai inilah yang alirannya menjadi sebuah air terjun.

Ketika sudah semakin dekat dengan penghujung sungai, maka tidak lama kemudian Anda bisa melihat betapa tingginya air terjun tersebut. Ketika melewati setapak, pengunjung harus berhati-hati sebab medannya cukup licin.

Tiu Kelep sendiri merupakan air terjun yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Tingginya sendiri memcapai 49 meter sehingga membuat aliran airnya seolah beterbangan di udara. Pemandangannya masih begitu indah dan asri, cocok untuk relaksasi diri.

Mitos Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Seperti kebanyakan wisata alam lainnya, nyatanya Tiu Kelep juga menyimpan cerita mitos yang beredar di masyarakat. Sampai pula di telinga pengunjung yang berniat mengunjungi tempat tersebut. Selaras dengan Segara Anak yang konon dikuasai Dewi Anjani.

Tiu Kelep sendiri memiliki mitos yang cukup menarik. Siapapun yang berendam di dalam airnya katanya bisa buat awet muda. Terlepas dari beredarnya mitos tersebut, Tiu Kelep memang punya air yang begitu segar. Sebab berasal dari sumber air yang belum terkontaminasi oleh zat-zat lain.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda melewatkan berendam diri di bagian dangkal untuk merasakan sensasi airnya yang membelai kulit. Supaya lebih seru ajak teman atau keluarga untuk berwisata kesini. Menikmati liburan yang hanya sebentar.

Kondisi Jalur Trekking Menuju Tiu Kelep

Perjalanan dimulai dari tempat parkir. Setelah memarkirkan kendaraan pengunjung harus melewati setapak dengan pepohonan hijau di setiap sisi. Selanjutnya menaiki sejumlah anak tangga. Sampai di penghujung jalan ada jembatan yang di bawahnya merupakan saluran air.

Perlu Anda tahu bahwa jembatan ini dulunya bolong-bolong. Namun kini sudah aman sebab tertutup kisi-kisi besi dengan pegangan di kanan dan kiri. Trekking kembali berlanjut melewati setapak yang masih berupa tanah dan bebatuan.

Melewati anak sungai dengan aliran air yang tidak begitu deras. Di sini Anda bisa melihat alam dengan begitu dekat. Di mana batuan besar masih menghiasi sungai dangkal tersebut. Ada juga anak-anak yang membantu penyeberangan. Anda cukup memberi upah seikhlasnya untuk mereka.

Hal Menarik di Tiu Kelep

Sebagai salah satu air terjun yang cukup populer. Tiu Kelep ternyata berada di satu kawasan dengan Air Terjun Sendang Gile. Itulah kenapa di bagian pintu masuk ada banner dengan tulisan dua air terjun sekaligus. Ini dia hal menarik di Tiu Kelep yang harus Anda tahu.

  1. Nuansa Alam yang Masih Asri

Setelah melakukan trekking yang cukup melelahkan, akhirnya sampai di air terjun Tiu Kelep yang punya pesona alam indah. Sampai di titik jatuhnya air dari ketinggian, pengunjung akan terpukau dengan pemandangan sekitar.

Pepohonan hijau yang menyegarkan mata, lumut di bebatuan, juga suara derasnya air yang jadi musik alami. Udaranya juga sejuk sebab jauh dari kawasan kota. Pengunjung boleh membawa konsumsi sendiri seperti minuman hangat untuk menghangatkan diri di atas bebatuan besar.

  1. Bermain Air di Kolam Air Terjun

Seperti informasi sebelumnya bahwa Tiu Kelep sendiri memiliki air terjun dengan ketinggian 40 meter. Otomatis aliran airnya cukup beresiko jika berada di bawahnya secara langsung. Apabila ingin berendam atau sekedar bermain air bisa di bagian pinggir.

Bagi yang mahir berenang sekalipun jangan sampai di bawah air terjun secara langsung, khawatir tenggelam karena terlalu dalam dan menggulung. Air yang berasal dari Danau Segara ini akan memberikan kesegaran tiada dua.

Alamat Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep berada di Bayan, Lombok Timur, NTB. Dari gerbang utama sampai ke Tiu Kelep membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Meski harus menempuh trekking yang cukup jauh, rasa lelah akan terbayar ketika sampai di lokasi.

Itulah berbagai hal mengenai Air Terjun Tiu Kelep yang ada di Lombok. Anda juga bisa berkunjung ke Sendang Gila dengan menuruni anak tangga.

 

Posting Komentar