Notifications

Kesenian Daerah dan Upacara Adat Merupakan Objek Wisata yang Sangat Menarik

Bali menjadi salah satu kawasan berwisata yang menyediakan banyak opsi kepada para wisatawannya mulai dari wisata alam, gunung, sampai dengan adat serta upacara. Saat Anda merencanakan datang ke Bali, pastikan sudah mengantongi brosur wisata Bali sebagi panduan. Kesenian daerah dan upacara adat merupakan objek wisata yang menarik untuk Anda saksikan dan datangi.

Kesenian Daerah dan Upacara Adat Merupakan Objek Wisata yang SangatMenarik

Kenapa di Bali Kesenian Daerah dan Upacara Adat Merupakan Objek Wisata Populer ?

Kesenian daerah dan upacara adat merupakan objek wisata di Bali karena memang masyarakat masih kental dengan kebudayaan leluhur. Bahkan beberapa wilayah masih menerapkan aktivitas nenek moyang secara baik tanpa mengurangi sedikitpun kualitasnya.

Hal ini juga yang membuat daerah di Bali sangat menarik karena para penduduknya memang sangat baik menyambut para tamu tanpa melupakan identitasnya sendiri. Beberapa kampung bahkan masih beraktivitas seperti orang orang terdahulu mulai dari kegiatan biasa sampai yang krusial.

Kemampuan para masyarakat Bali dalam menampilkan kesenian daerah berupa upacara adat terbukti menarik perhatian orang sebagai wisata menari. Tidak heran bila terdapat beberapa upacara adat yang ada di Bali mendunia dan kini menjadi salah satu destinasi banyak orang untuk berwisata di sana.

2 Upacara Adat di Bali yang Populer hingga saat Ini

Ketika Anda melakukan perjalanan ke kota Bali akan banyak melihat bangunan menarik berupa sebuah candi atau pagoda. Hal ini karena mayoritas penduduknya beragama hindu serta budha. Berikut adalah 2 upacara Adat di Bali yang populer dan sekarang banyak orang kunjungi sebagai wisatawan :

1. Upacara Ngaben

Ngaben adalah salah satu aktivitas upacara keagamaan dari umat Hindu yang biasanya dapat Anda lihat di brosur wisata religi. Terdapat tiga jenis dalam upacara ngaben ini yaitu Sawa Wedana, Swasta, dan Asti Wedana. Kabarnya tidak semua golongan melakukan upacara ini karena biasanya sangat tinggi. Upacara berlangsung selama 3 – 7 hari.

Bahkan persiapan dalam melakukan upacara ini bisa mencapai sebulan. Inti utama dari upacara ini adalah untuk mengawetkan jenazah sebelum membakarnya. Keunikan dari aktivitas inilah yang  berhasil menarik banyak wisatawan untuk melihat proses berlangsungnya kegiatan ini dan jadi daya tarik.

2. Upacara Omed-Omedan

Upacara Adat Bali menjadi salah satu daya tarik tertinggi setelah pemandangan pantai dan panorama alamnya. Ada sebuah upacara adat bernama Omed-Omedan yang menarik banyak wisatawan. Umumnya aktivitas ini berlangsung setelah hari Nyepi untuk umat beragama setempat.

Kemudian langsung melakukan proses persembahyangan secara massal di beberapa Pura. Ada kegiatan perjodohan juga untuk muda mudi berusia 18-30 pada cara ini. Kegiatan yang terbilang unik dan sangat khas akan tradisional warga setempat membuat para wisatawan tentunya tertarik mengamatinya.  

Demikian informasi dari Jejaktraveling.com mengenai kesenian daerah dan upacara adat merupakan objek wisata yang sangat menarik. Melakukan perjalanan wisata memang bisa Anda pilih sesuai kesukaan mau menikmati pantai, gunung, atau wahana park. Akan tetapi objek wisata upacara adat juga punya daya tariknya.

Posting Komentar