Notifications

Kemewahan Pantai Slili Gunung Kidul, Yogyakarta

Berbicara tentang Yogya, akan selalu teringat dengan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. Tidak hanya wisata budaya atau sejarah, tetapi juga wisata alam terutama pantainya. Kali ini, kita akan mengulas Pantai Slili yang ada di kawasan Gunung Kidul—Yogyakarta.

Sebagai salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan wisata pantainya, Gunung Kidul memiliki lebih dari 100 pantai. Salah satu rekomendasi pantai Gunung Kidul adalah Slili atau yang juga memiliki nama lain Pantai Watu Lawang dan Cinta Slili. Apa saja daya tariknya, serta di mana lokasinya? Yuk, simak ulasan kami selengkapnya!

Sejarah Pantai Slili

Kemewahan Pantai Slili Gunung Kidul, Yogyakarta

Asal muasal nama Slili, ternyata berasal dari Bahasa Jawa ‘mili’, yang berarti mengalir. Menurut cerita, dahulu kala ada seorang pencari rumput yang tidak sengaja menemukan lubang goa pada dinding bukit karang. Di mana letak cekungan atau lubang goa tersebut sekitar 500 meter dari Pantai Sundak yang sudah lebih dulu populer.

Lantas masyarakat menyebut lubang goa tersebut sebagai ‘watu lawang’ yang maksudnya adalah batu menyerupai pintu atau pintu pada batu dan terdapat air mengalir di dalamnya. Itulah mengapa Pantai Slili juga memiliki nama lain Pantai Watu Lawang.

Sementara sebutan Slili Cinta atau Slili Love sendiri karena adanya prasasti penanda pantai berbentuk hati atau ‘love’. Prasasti yang berhiaskan bunga plastik ini kerap menjadi spot foto favorit wisatawan kala berkunjung ke sana, selain deretan pohon sakura yang tak kalah cantiknya.

Ragam Daya Tarik dari Pantai Slili

Pantai ini menjadi salah satu Pantai Gunung Kidul pasir putih yang lembut, serta bersih. Letaknya yang berada di antara dua bukit membuatnya terlihat makin eksotik. Selain itu, Pantai Watu Lawang atau Slili ini masih memiliki banyak daya tarik lainnya, seperti berikut:

1. Aneka Biota Laut yang Cantik

Berada di antara Panatai Krakal dan Pantai Nyadranan serta dua bukit, membuat garus pantai dari Pantai Slili cukup pendek. Namun, Anda bisa menikmati pemandangan aneka ragam biota laut yang cantik dan menarik.

Pemandangan sepanjang pantai pun amat mempesona karena adanya dua bukit yang mengapitnya. Oleh karena terbilang masih baru, suasana pantaiasih cukup sepi dan bersih. Anda bisa menikmati pemandangan serasa di pantai pribadi.

2. Pemandangan dari Atas Bukit

Daya tarik Pantai Slili lainnya ialah pemandangan laut dari atas bukit yang berada di antara Pantai Krakal dan Slili. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mendaki bukit ini, demi melihat pemandangan laut yang memesona dari puncak bukit. Apalagi saat matahari terbenam, momen yang paling dinanti untuk berswafoto.

Dari atas bukit, Anda dapat menikmati pemandangan pantai dari kedua sisi sekaligus. Namun harus Anda ingat, tetap jaga keselamatan dengan tidak melintas pagar pembatas.

3. Budaya Sadranan

Masyarakat sekitar Pantai Slili, mayoritas berprofesi sebagai petani. Namun ketika kemarau tiba, tidak jarang penduduknya menangkap udang, juga mengumpulkan kerang maupun rumput laut untuk dijual sebagai sumber penghasilan. Sebagai wujud syukur, mereka mengadakan tradisi sadranan atau nyadran.

Di mana tradisi tersebut mewujudkan rasa syukur atas segala pemberian Allah melalui alam, dan bentuk doa serta harapan agar panen berikutnya hasilnya melimpah. Sadranan pertama yaitu menuju makam leluhur untuk berdoa, sedangkan yang kedua yakni melarung hasil bumi ke laut.

Dalam menyambut tradisi ini, masyarakat akan membuat tumpeng dan lauk pauk seperti lendang hijau, kemudian ada buah-buahan, dan tidak lupa seekor ayam jago. Jika beruntung Anda bisa menikmati perayaan sadranan ini, dan melihat bagaimana kentalnya budaya Jawa di wilayah ini serta persatuan penduduknya.

Pelaksanan tradisi nyadran, umumnya di Minggu Pahing sesuai perhitungan tanggal Jawa. Tidak semua wisatawan beruntung menyaksikan pesta laut sarat budaya ini. Namun bukan tidak mungkin Anda menjadi salah satu di antara wisatawan yang beruntung tersebut.

Lokasi Pantai Slili Gunung Kidul

Lokasi Pantai Slili Gunung Kidul

Nah, mendengar segala daya tariknya tentu membuat Anda kian penasaran untuk berkunjung ke Pantai Slili. Lokasinya cukup dekat dengan jalan dan aksesnya pun mudah, jadi tidak sulit bagi wisatawan untuk menjangkau pantai ini.

Slili Love atau Pantai Watu Lawang atau Slili ini berada di Tepus, tepatnya Jalan Pantai Krakal, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat Kota Yogyakarta, kurang lebih sejauh 70 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan. Oleh karena banyaknya wisata pantai di Gunung Kidul, pemerintah setempat pun memperbaiki akses jalan agar mudah dilalui.

Jika bingung, Anda bisa melihat peta Yogyakarta atau menggunakan Google Maps menuju Pantai Krakal. Sudah terpasang papan atau plang penunjuk arah menuju pantai. Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar jika takut salah arah, atau agar lebih mudah Anda bisa mengikuti rute yang akan kami berikan berikut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Slili Gunung Kidul

Ada cukup banyak rute yang bisa Anda ambil untuk bisa sampai ke Pantai Watu Lawang atau Slili. Jika titik keberangkatan Anda dari pusat kota Yogya, maka cukup arahkan kendaraan menuju Wonosari. Setelah sampai di daerah Tepus, maka Anda sudah sampai di lokasi Slili Love.

Sementara jika Anda berangkat dari kawasan Baron, maka arahkan kendaraan pertigaan TPR. Selanjutnya, belok ke arah kiri menuju kawasan Kukup, lanjut ke Drini, kemudian Sepanjang, dan terakhir Anda akan sampai di jalan menuju Pantai Krakal yang merupakan salah satu wisata dekat Pantai Slili sekaligus titik tujuan Anda.

Berbeda lagi apabila Anda berangkat dari Solo. Anda harus menuju ke Wonogiri terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke Praci. Setelah sampai di daerah Praci, belok kanan dan ikuti saja jalurnya hingga sampai ke kawasan Tepus. Begitu sampai di Tepus, artinya Anda telah sampai di tujuan, yaitu lokasi Pantai Slili.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Slili—Gunung Kidul—Yogyakarta

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Slili—Gunung Kidul—Yogyakarta

Apabila ingin berkunjung ke pantai ini, Anda hanya harus menyediakan uang sebesar 10 ribu rupiah untuk membayar tiket masuk. Bukan hanya ke kawasan wisata Slili, tetapi juga beberapa wisata pantai lain yang masih satu rute, mulai Baron sampai dengan Indrayanti.

Selain tiket masuk, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar lima ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan sepuluh ribu rupiah untuk mobil ataupun bus. Sangat murah, bukan?

Sementara untuk jam operasional, pantai ini beroperasi selama 24 jam. Jadi Anda bisa datang kapan saja. Namun pastikan bahwa cuaca cukup bagus. Supaya Anda bisa lebih maksimal dalam menikmati panorama pantai.

Kawasan wisata pantai tidak pernah salah untuk menjadi tujuan melepas penat dan menghabiskan liburan bersama orang-orang tersayang.

Fasilitas yang Tersedia

Salah satu alasan mengapa pantai ini termasuk yang ramah wisatawan adalah karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Dengan begitu pengunjung bisa lebih nyaman dalam menghabiskan waktu di pantai. Adapun fasilitas pendukung yang tersedia di destinasi wisata ini antara lain adalah:

1. Mushola

Bagi pengunjung muslim, tidak akan kesulitan ketika akan melaksanakan salat. Di sini sudah tersedia mushola, sehingga Anda yang beragama Islam dapat salat tepat waktu di tempat yang bersih dan layak selama berlibur ke Pantai Slili Love.

2. Kamar Mandi

Selain tempat ibadah, fasilitas umum yang banyak dicari adalah kamar mandi. Di pantai ini juga tersedia kamar mandi umum, di mana Anda bisa membilas tubuh setelah bermain air di pantai, berganti baju atau sekadar buang air.

3. Gazebo

Di sepanjang pantai, berjajar gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan dan semilir angin laut yang sejuk serta menenangkan. Anda bisa menggunakan gazebo ini secara gratis, tetapi jika sedang ramai pengunjung di high season, biasanya gazebo akan penuh. Jadi siapa cepat dia dapat.

4. Warung Makan

Anda yang datang dari luar kota, tidak perlu khawatir kelaparan saat di tempat wisata Slili karena tidak membawa bekal. Di sini terdapat banyak warung makan yang berjajar di sekitar pantai. Sebaiknya pilih tempat makan yang menyediakan daftar menu sekaligus harganya.

Sebagaimana kita tahu, bahwa di beberapa tempat wisata ada saja oknum penjual yang menaikkan harga hingga dua kali lipat kepada pengunjung luar kota. Nah, oleh karena itu supaya aman, Anda pilih warung dengan daftar menu yang sekaligus mencantumkan harganya.

5. Penginapan

Salah satu hal yang kerap menjadi permasalahan ketika berlibur ialah penginapan. Bagi wisatawan luar kota atau bahkan mancanegara, setelah puas bermain di pantai, tentu ingin segera beristirahat memulihkan tenaga sebelum kembali menempuh perjalan jauh.

Di sini, ada banyak penginapan di sekitar lokasi Pantai Slili. Anda bisa memilih yang sesuai budget, atau penginapan yang menurut Anda lokasinya memberikan view terbaik. Dengan begitu, Anda bisa menikmati momen liburan di pantai dengan tenang, tanpa bingung memikirkan di mana akan beristirahat saat kelelahan.

Berbagai Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Slili

Berbagai Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Slili

Ketika berlibur, tentu Anda ingin mengabadikan berbagai momen berkesan di tempat wisata. Baik itu berupa foto ataupun video. Saat berlibur ke Pantai Watu Lawang atau Slili, Anda tidak hanya bisa berfoto-foto atau membuat vlog, tapi ada berbagai kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan dan membuat liburan kian asyik.

1. Swafoto

Selfie ataupun wefie ketika berlibur, seakan menjadi ritual wajib. Bukan hanya untuk mengabadikan momen berkesan bersama orang-orang tersayang, tetapi banyak juga yang menjadikan hal itu sebagai konten pengisi laman media sosial.

Di Slili Love alias Pantai Watu Lawang atau Slili, ada banyak spot keren yang bisa Anda jadikan latar belakang dalam berswafoto. Dijamin, hasil foto Anda akan sangat fotogenic dan juga instagramable.

Mulai dari prasasti ‘love’ dengan hiasan bunga, pohon sakura, puncak tebing, sampai pinggiran pantai saat sunset ataupun ketika ombak berdebur menghantam karang. Anda bisa menjadikan tempat-tempat serta momen tersebut sebagai latar belakang saat ber-selfie.

2. Bermain Pasir

Pasir pantai di Slili berwarna putih dan lembut. Anda bisa bermain pasir bersama putra-putri, teman, maupun kerabat. Membuat istana pasir, atau membenamkan tubuh dalam pasir, pasti akan seru.

3. Berjalan-jalan di Sepanjang Pantai

Garis pantai yang pendek, bisa Anda manfaatkan untuk berjalan di sepanjang pantai. Jika lelah, Anda bisa duduk di tepi pantai sembari menikmati es kelapa muda dan merasakan angin yang berembus sejuk. Sangat menenangkan dan pastinya membuat pikiran jauh lebih fresh.

Suasana yang tidak terlalu ramai, akan membuat Anda semakin rileks. Ya, pantai ini memang masih terbilang baru, sehingga belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung kemari. Namun, tidak lama lagi pasti akan seramai pantai lain di dekatnya. Jadi, manfaatkan kesempata menikmati panorama Slili ala pantai pribadi selagi bisa.

4. Snorkeling

Bukan hanya permukaan air laut berwarna biru serta pasir pantai saja yang bisa Anda nikmati keindahannya. Pemandangan bawah laut di Pantai Slili juga tak kalah cantik. Anda bisa ber-snorkeling untuk menikmati pemandangan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan di sana.

Hanya dengan 50 ribu rupiah, Anda sudah bisa menjelajahi Pantai Slili di bagian bawah lautnya. Tidak hanya itu, akan ada pemandu yang siap membantu mengabadikan momen ketika Anda berkenalan dengan penghuni bawah laut Slili. Sangat menyenangkan dan berkesan pastinya. Jangan sampai Anda lewatkan kegiatan ini saat berkunjung kemari.

5. Menangkap Udang dan Mengumpulkan Rumput Laut

Kegiatan lain yang mungkin tidak selalu bisa Anda temui ketika di pantai lain adalah menangkap udang. Ya, di pantai ini Anda bisa sekadar bermain atau menangkap udang yang banyak bersembunyi di balik bebatuan atau karang. Pantai ini menjadi salah satu penghasil udang yang cukup banyak, terlebih ketika musim kemarau.

Jika Anda berkunjung saat musim kemarau, maka akan tampak banyak penduduk yang mengumpulkan rumput laut. Selain nantinya akan dijual, mereka mengumpulkannya karena sekaligus untuk menangkap udang. Hal itu karena sela-sela dari rumput laut adalah salah satu tempat favorit udang untuk bersembunyi.

Sembari bermain, Anda bisa sekalian membantu penduduk yang tengah mengumpulkan rumput laut serta udang. Selain asyik, seru, dan unik, kegiatan ini juga bermanfaat karena bernilai sosial yakni membantu meringankan pekerjaan penduduk sekitar.

5. Mengumpulkan Cangkang Kerang

Pernak pernik yang kerap kita jumpai saat berwisata ke pantai umumnya berhiaskan cangkang kerang unik nan cantik. Akan jauh lebih asik dan berkesan, jika Anda mencari serta nengumpulkannya sendiri, bukan? Anda bisa berjalan-jalan sembari mengumpulkan cangkang kerang dengan beraneka ragam warna juga bentuk yang unik.

Nantinya, cangkang tersebut bisa Anda gunakan sebagai hiasan di akuarium, pigura untuk foto-foto saat berlibur ke Pantai Slili, dan masih banyak lagi sesuai kreasi Anda.

6. Mendaki Bukit

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwasanya salah satu daya tarik dari pantai ini adalah pemandangannya dari puncak bukit. Jadi, kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan  ketika berada di Pantai Watu Lawang ini adalah mendaki bukit.

Anda hanya harus berjalan ke arah timur dari pantai maka akan menemukan bukit yang menjadi spot terbaik menikmati panorama pantai secara keseluruhan. Meskipun tidak terlalu tinggi, akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati saat mendakinya. Perhatikan pijakan dan juga pagar pembatas yang ada demi keselamatan.

Itulah sedikit ulasan singkat tentang Pantai Slili atau Pantai Watu Lawang yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke Kota Gudeg, maka sempatkan untuk singgah di pantai ini untuk menikmati segala keindahannya.

Sangat rugi jika Anda sudah berada di Yogyakarta, apalagi sudah melintas di Kabupaten Gunung Kidul, akan tetapi tidak singgah ke Slili. Sebuah keindahan dan segala kekayaan alamnya, yang akan membuat Anda selalu ingin kembali kemari suatu saat nanti.

Posting Komentar