Notifications

Contoh Descriptive Text Tentang Tempat Wisata di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu daerah paling populer dengan berbagai wisatanya di Indonesia. Terdapat banyak sekali destinasi berwisata dan masih kental budaya negerinya. Kondisi ini membuat banyak orang mencari tahu contoh descriptive text tentang tempat wisata di Yogyakarta.

Contoh Descriptive Text Tentang Tempat Wisata di Yogyakarta

Tujuan dan Struktur Teks Deskripsi Wisata

Teks deskripsi wisata sendiri merupakan sebuah teks yang menggambarkan secara jelas keadaan dan kondisi sebuah kawasan berwisata. Biasanya orang yang membaca teks ini akan merasakan langsung tempat tersebut dan terbawa akan suasananya. Berikut adalah tujuan dan struktur Teks Deskripsi menurut Jejak Traveling :

1. Tujuan Teks Deskripsi Wisata

Tujuan dari teks deskripsi seperti contoh teks deskripsi bahasa Jawa tentang tempat wisata secara umum adalah untuk menggambarkan dan mendeskripsikan sebuah objek dengan rinci dan detail. Objek ini meliputi orang, tempat, hewan, sampai dengan sebuah benda. Penggambarannya harus sangat jelas sehingga pembaca dapat menelaah sesuatu tersebut.

Tujuan teks deskripsi wisata adalah sebuah penulisan teks yang memberikan penggambaran secara terperinci tentang sebuah kawasan berwisata. Pengembaraan biasanya meliputi suasana, nuansa, lokasi, fakta unik dan menarik, sampai dengan beberapa mitos jika di tempat tersebut memang ada.

2. Struktur Penulisan Teks Deskripsi

Untuk menulis sebuah teks deskripsi tentang tempat wisata Anda harus mengetahui strukturnya dulu yang ada dua bagian, yaitu identifikasi serta deskripsi itu sendiri. Kedua elemen ini sangat penting dan benar benar harus ada dalam sebuah teks deskripsi sehingga pembaca mendapatkan informasi jelas.

Misalnya objek wisata tersebut tentang apa, dan dari mana kawasan itu berasal. Pertanyaan ini akan penulis jawab sendiri dengan memaparkan secara rinci lewat penggambarannya dan menjelaskan penampilan sebuah objek wisata tersebut sehingga para pembaca benar benar seperti melihatnya.

Inilah Contoh Descriptive Text Tentang Tempat Wisata di Yogyakarta

Yogyakarta memang menjadi gudangnya tempat berwisata. Selain destinasi wisata Pantai Parangtritis yang sudah terkenal itu, tempat lainnya adalah wisata Kaliurang. Kawasan berlibur satu ini terletak di Kota Sleman Desa Hargobinangun kecamatan Pakem sekitar 28 km dari pusat kota. Udaranya sangat dingin karena berada di ketinggian 900 meter.

Selain memiliki udara yang dingin karena suhunya berkisar di antara 20-25 derajat celcius, suasana di kawasan berwisata ini juga sejuk dan tentram sehingga para wisatawan yang ada akan bisa menghilangkan rasa penat dan stres. Kesejukannya datang dari nuan alam yang masih asri.

Ketika berkunjung ke tempat wisata satu ini, para wisatawan dapat menikmati berbagai kawasan atau wahana menarik seperti Air Terjun Tlogo Putri, Goa Jepang, Bumi, Perkemahan, Museum Merapi, sampai dengan Taman Bermain anak. Keindahan alam di tempat ini memang sangat mempesona.

Demikian informasi mengenai contoh descriptive text tentang tempat wisata di Yogyakarta.Untuk melihat atau merasakan langsung sebuah objek seperti tempat wisata bisa Anda lakukan dengan membaca teks deskripsi ini. Apalagi jika penggambarannya sangat detail dan rinci.

Posting Komentar