Notifications

10 Toko Besi di Kediri Terbesar 2022-2023

Saat ini, baik di kota maupun daerah tengah melakukan pembangunan besar-besaran di berbagai sektor. Mulai infrastruktur, pemukiman, sampai dengan business center. Tidak heran jika lantas toko besi maupun bangunan, mengalami lonjakan angka penjualan. Begitu juga dengan toko besi di Kediri, yang tersebar di berbagai wilayah.

Meskipun saat ini sudah ada juga supermarket bangunan Kediri yang menawarkan sistem one stop shopping, akan tetapi beberapa toko besi yang terkenal murah masih menjadi pilihan pelanggan. Apalagi toko yang persediaan jenis besi dan bahan bangunannya lengkap.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut tentang toko besi di wilayah Kediri yang lengkap, murah, dan terbesar, kita pahami dulu apa saja jenis besi yang banyak digunakan dalam pembangunan. Berikut ini sedikit ulasannya untuk Anda.

Ragam Jenis Besi yang Dijual Toko Besi di Kediri

10 Toko Besi di Kediri Terbesar 2022-2023

Pada dasarnya, ada banyak jenis besi dengan berbagai ukuran dan juga fungsi yang berbeda. Namun, umumnya toko besi maupun toko bangunan Kediri menjual jenis besi yang paling populer penggunaannya bagi konstruksi rumah ataupun pertokoan.

Sementara jenis besi yang biasa digunakan untuk pembangunan infrastruktur, kontraktor lebih sering mengambilnya langsung dari supier atau distributor besi yang skala penjualannya jauh lebih besar dari toko besi di Kediri ataupun toko besi daerah lain.

Di bawah ini beberapa jenis besi yang bisa Anda jumpai dan beli di toko besi maupun toko bangunan terdekat. Simak fungsinya, agar tidak salah pilih ketika akan membeli.

1. Baja Wide Flange (WF)

Jenis besi yang pertama yaitu besi baja WF. Perkara kualitas, tidak perlu Anda ragukan karena ini merupakan besi yang bagus juga kuat, sehingga penggunaannya lebih sering untuk pembangunan berskala besar.

Produksi besi baja WF biasanya di luar negeri, yang artinya besi ini merupakan produk impor. Jadi, tidak heran jika harganya jauh lebih mahal apabila Anda bandingkan dengan besi lain yang merupakan produk lokal.

Jika ingin mendapatkan harga terbaik, memang sebaiknya membeli besi ini di toko besi yang menjadi suplier tangan pertama. Biasanya, toko besi di kota besar seperti Jakarta. Namun, jika tidak ingin ribet soal pengiriman Anda juga bisa membeli di toko besi terdekat dengan selisih harga yang setara dengan ongkos kirim dari luar kota.

Mengenai ukuran, besi baja WF yang ada di pasaran mulai ukuran 150 sampai dengan 900. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

2. Beton

Selanjutnya ada besi beton, yaitu jenis besi yang paling populer pemakaiannya di proyek konstruksi. Jenis besi ini umumnya menjadi tulang atau rangka fondasi bangunan. Alasannya karena besi ini tahan lama serta kokoh, jadi tidak jeran jika hampir seluruh konstruksi bangunan modern fondasinya memakai besi beton atau beton bertulang ini.

Biasanya, toko besi di Kediri maupun daerah lain menjual dua macam besi beton. Ada plain bar atau beton polos, dan juga deformed bar atau beton ulir. Jenis besi ini akan bekerja sama dengan beton bangunan untuk memperkokoh fondasi konstruksi.

3. Hot Rolled (H-Beam)

Besi yang bentuknya menyerupai bentuk H ini, sebenarnya bernama hot rolled. Namun karena bentuknya yang seperti huruf H, orang-orang lebih sering menyebutnya dengan besi H-beam. Satu jenis besi baja yang populer sekali penggunaannya pada konstruksi jembatan maupun gedung besar.

Sekilas bentuk besi baja ini menyerupai besi WF, akan tetapi jika Anda perhatikan dengan seksama maka jelas berbeda karena warnanya cenderung silver cerah. Soal daya tarik dan tekanan memang tidak sebaik Wide Flange, akan tetapi sudah cukup kokok dan bagus untuk ukuran besi baja lokal.

4. Expanded Metal

Jenis besi berikutnya terbuat dari plat baja berlubang. Bentuknya seperti jaring atau mesh. Masyarakat menyebutnya expanded metal, jenis besi yang kokoh dan kuat untuk konstruksi, akan tetapi bobotnya cukup ringan karena terbuat dari plat baja yang ditarik juga disayat tanpa ada pengelasan, sehingga bersifat homogen dan tahan lama.

Selain itu, jenis besi ini mudah pemasangannya, anti slip, tipe gridmesh atau tahan dengan beban berat. Expanded metal juga kohesif dengan berbagai jenis pelapis berbeda, serta variatif pengaplikasiannya.

Toko besi menyediakan jenis besi ini dalam berbagai ukuran berbeda tergantung kebutuhan. Beberapa fungsi dari expanded metal di antaranya yaitu sebagai lapisan penguat batu bata, pencegah retak plesteran tembok, dan masih banyak lagi.

5. Besi Hollow

Jenis besi yang satu ini bentuknya kotak dan kosong atau berongga di bagian tengah. Terbuat dari campuran galvanis dan baja, kemudian dilapisi seng serta aluminium. Soal kekuatan memang tidak terlalu kokoh, oleh karena itu biasanya yang membeli besi ini untuk konstruksi pagar, kanopi, atau railing tangga saja.

Bentuk yang simple dan minimalis, sangat cocok dengan hunia modern masa kini. Tidak heran jika besi ini akan kerap Anda jumpai pada konstruksi pagar, balkon, ataupun tangga rumah berkonsep minimalis modern.

6. Besi Siku

Sesuai dengan nama atau sebutannya, jenis besi ini berbentuk siku dengan sudut 90°. Toko besi di Kediri menjual jenis besi ini dalam beberapa pilihan ukuran yang berbeda. Ukuran yang bisa Anda jumpai mulai dari dua sentimeter sampai dengan lima sentimeter. Penggunaan besi ini sendiri lebih banyak untuk konstruksi rak besi, tangga, menara air, dan penyangga kanopi.

7. CNP dan UNP

Ibarat manusia, dua jenis besi ini layaknya saudara kembar tidak identik. Sekilas terlihat sama tetapi sebenarnya berbeda. Besi UNP atau kanal U, memiliki lengkungan ke bawah dan atasnya terbuka persia huruf U. Jenis besi ini hampir menyerupai besi WF akan tetapi dengan bobot lebih ringan, jadi tidak memberatkan fondasi.

Orang-orang biasa menggunakan besi UNP untuk penutup dudukan atap, penyangga jembatan kecil, penutup tembok, rangka komponen pada konstruksi, dan banyak lagi. Ukurannya pun bervariasi, sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan konstruksi.

Sementara besi CNP, bentuknya nyaris kotak menyerupai besi hollow. Namun terdapat sedikit lengkungan di bagian ujung sehingga membuatnya terlihat seperti huruf C. Itulah mengapa masyarakat juga kerap menyebutnya sebagai kanal C.

Tdak jauh beda dengan UNP, besi ini juga anti rayap dan juga kokoh. Namun dari segi harga, CNP lebih murah daripada UNP. Besi CNP sendiri kerap menjadi bahan konstruksi rangka atap bangunan, gording atap, dinding cladding, dan lain sebagainya.

8. Pipa Besi

Di antara jenis besi yang ada, mungkin besi berbentuk pipa memanjang ini mungkin yang kerap Anda lihat dalam sebuah konstruksi. Bukan tanpa alasan, hal itu karena selain kokoh, pengaplikasiannya pun bervariasi.

Meskipun orang menyebutnya pipa besi, akan tetapi bahan pembentuknya adalah baja. Itulah mengapa besi ini kokoh dan tahan lama. Tidak hanya sebagai bahan konstruksi, pipa besi ini juga bisa Anda gunakan dalam proses menyalurkan bahan tambang berbentuk cair.

Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai pilihan ukuran di toko besi di Kediri. Soal harga, pipa besi ini cukup terjangkau dan kualitasnya pun bagus. Jadi, tidak salah jika banyak orang memilih jenis besi ini untuk beberapa konstruksi.

9. Plat Besi

Plat besi adalah salah satu material konstruksi yang mempunyai fungsi krusial. Baik dalam pengaplikasiannya untuk proyek hunian ataupun industri . Tidak hanya itu, plat besi juga kerap menjadi bahan pembuat alat transportasi seperti kapal dan juga berbagai jenis truk.

Selain memiliki daya tahan yang kuat serta kokoh, plat besi juga tahan terhadap korosi. Itulah mengapa jenis besi yang satu ini juga banyak dijadikan pilihan sebagai material konstruksi.

10. Wiremesh

Salah satu material konstruksi yang memengaruhi ketahanan dari sebuah bangunan adalah wiremesh. Jenis besi berbentuk anyaman dengan pola kotak atau jajar genjang. Pola anyaman terbentuk melalui proses pengelasan, supaya bisa saling terikat dengan sempurna.

Jenis besi ini mungkin lebih sering Anda lihat sebagai pagar, akan tetapi memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Adapun fungsi tersebut antara lain:

  • Sebagai penguat dak beton
  • Penguat lantai bangunan
  • Menjadi tulang ketika pengecoran jalan
  • Sebagai plat beton dalam tanah yang juga berfungsi mengeraskan tanah agar tahan menopang beban berat
  • Sebagai material konstruksi jalan tol atau jalan raya, dan lain sebagainya

Oleh karena memiliki banyak fungsi dengan berbagai keunggulan, tidak salah jika toko besi di Kediri menyediakan wiremesh yang amat populer ini.

Daftar Toko Besi di Kediri yang Terbesar, Lengkap, dan Murah

Jika Anda tengah merenovasi rumah atau membangun rumah baru dan bingung mencari material besi konstruksi berkualitas, bisa kunjungi toko besi yang ada di Kediri ini. Selain lengkap, harga yang ditawarkan pun bersaing.

1. Lestari Jaya Perkasa

Berlokasi di Dusun Wononoyo—Kecamatan Gurah—Kediri, CV. Lestari Jaya Perkasa ini menyediakan berbagai jenis besi dan baja ringan berkualitas dengan harga terjangkau. Beroperasi sejak tahun 2011, kini telah melayani pengiriman besi konstruksi ke seluruh Indonesia.

Produk yang mereka jual telah melalui uji kualitas serta uji kekuatan. Amda bisa mendapatkan berbagai jenis besi juga baja ringan dengan berbagai ukuran dan merek, sesuai kebutuhan dan juga budget. Anda bisa berbelanja langsung atau pesan via telepon maupun email. Waktu operasionalnya Senin-Sabtu pukul 08.00-16.30 WIB.

2. Toko Besi Aneka Karya

Toko besi yang juga lengkap dan murah lainnya adalah Aneka Karya. Lokasinya berada di wilayah Pakelan, tepatnya Jalan Yos Sudarso, Kota Kediri. Letak toko yang strategis serta mudah dijangkau, memudahkan pelanggan untuk bisa berkunjung langsung ke toko ini.

Produk yang mereka sediakan cukup lengkap, harganya pun sangat terjangkau. Toko Aneka Karya buka setiap hari kecuali Minggu, mulai pukul delapan pagi sampai dengan setengah lima sore.

3. Toko Besi Lima Mas

Satu lagi toko besi di Kediri yang juga murah dan lengkap adalah toko besi Lima Mas. Beralamatkan di Jalan HOS. Cokroaminoto, Kota Kediri, toko ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Letaknya cukup strategis, sehingga Anda akan dengan mudah menemukannya.

4. Toko Besi Lestari Subur

Apabila Anda tinggal di sekitaran Mrican, Kediri, maka jika membutuhkan besi untuk konstruksi bisa langsung ke toko besi Lestari Subur. Alamatnya di Jalan Sersan Bahrun, Mojoroto, Kediri. Buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai setengah 5 sore kecuali Minggu hanya buka setengah hari.

Produk besi juga baja yang tersedia cukup lengkap dan harganya juga murah. Anda bisa membeli di tempat ataupun menggunakan layanan pesan antar dengan pengiriman di hari yang sama.

5. Toko Besi Jaya Makmur

Di kawasan Bujel—Mojoroto—Kediri juga ada toko besi lengkap dan murah, yaitu Toko Besi Jaya Makmur. Lokasi tepatnya berada di Jalan Suparjan Mangun Wijaya 124.

Buka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. Anda bisa belanja langsung di toko, atau memesan via telepon lalu mengambil sendiri ke toko, maupun menghunakay layanan antar yang pengirimannya hari itu juga.

6. Toko Besi Sinar Makmur

Toko besi Sinar Makmur berada di wilayah Kabupaten Kediri, tepatnya di kawasan Tosaren. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, toko ini menjual berbagai keperluan pembangunan rumah. Beragam jenis besi berkualitas dari berbagai merek tersedia dengan harga yang cukup miring.

Jadi, bagi Anda yang tinggal di Kabupaten Kediri, bisa ke toko besi Sinar Makmur jika membutuhkan material konstruksi berkualitas dengan harga yang tidak membuat isi kantong terkuras.

7. Toko Besi Mujur Jaya

Jika beberapa toko bahan bangunan atau toko besi buka hanya sampai sore, tidak dengan toko yang satu ini. Berlokasi di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, toko besi Mujur Jaya buka mulai pukul tujuh pagi sampai delapan malam pada hari Senin-Sabtu. Sementara di hari Minggu, buka pukul tujuh pagi sampai setengah lima sore.

Mereka menyediakan berbagai jenis besi dengan banyak variasi ukuran. Anda bisa langsung belanja ke toko atau menggunakan layanan pesan antar. Sementara metode pembayaran yang bisa Anda gunakan hanya tunai saja.

8. Toko Besi Sang Lima

Di sekitaran Ringin Anom, Kota Kediri juga terdapat toko besi dengan produk yang lengkap dan harga bersaing. Toko besi Sang Lima, yang lokasinya di Jalan Panglima Sudirman. Buka mulai pukul 07.30-15.30, setiap hari kecuali hari libur nasional atau hari besar.

Tidak hanya menjual berbagai jenis besi untuk konstruksi, tetapi mereka juga menyediakan bahan bangunan lainnya seperti semen, kayu, dan lain sebagainya.

9. Toko Mudzi Besi

Satu lagi toko besi di Kediri yang letaknya di kawasan Bujel, Mojoroto, yaitu toko Mudzi Besi. Buka mulai jam enam pagi sampai dengan jam sembilan malam, setiap hari. Metode pembayarannya COD, atau transfer baru kirim barang. Anda juga boleh titip material, tetapi harus mengambilnya di hari yang sama.

Layanan pesan antar di sekitaran kota, tidak mereka kenakan ongkir maupun minimum nominal order. Pengiriman di hari yang sama, serta Anda bisa melakukan pembayaran di tempat jika baru pertama kali memesan di sana. Sangat memudahkan pelanggan, terlebih harga material yang dijual cukup murah.

10. Toko Besi Sinar Mulya

Berada di wilayah Kabupaten Kediri, tepatnya Kelurahan Gampeng—Kecamatan Gampengrejo. Toko besi Sinar Mulya buka pukul 08.00-16.00 untuk Senin-Sabtu. Sementara Minggu, buka pukul 08.00-12.00. Produk yang tersedia lengkap dan harganya murah.

Baik owner maupun karyawannya ramah, sehingga pelanggan juga nyaman. Layanan pesan antar sangat cepat, tidak ada ongkir dan juga minimum order untuk beberapa daerah tertentu. Tidak heran jika banyak masyarakat sekitar yang berbelanja besi maupun material bangunan lain di toko ini.

Itulah informasi mengenai berbagai jenis besi yang ada pada konstruksi serta beberapa toko besi di Kediri yang terbesar, lengkap juga murah. Semoga informasi ini bisa membantu Anda memperoleh besi berkualitas dan harga terjangkau, untuk hasil konstruksi yang optimal.

Posting Komentar